Arti Kata Wisuda: Pengertian, Sejarah, Dan Makna


Wisuda adalah sebuah momen penting bagi setiap pelajar yang telah menyelesaikan pendidikan di sebuah lembaga pendidikan. Namun, apa sebenarnya arti kata wisuda? Artikel ini akan membahas pengertian, sejarah, dan makna dari kata wisuda.

Pengertian Wisuda

Secara sederhana, wisuda adalah prosesi perayaan kelulusan di sebuah lembaga pendidikan. Biasanya, prosesi wisuda dihadiri oleh keluarga, teman, dan dosen dari pelajar yang akan diwisuda.

Di Indonesia sendiri, prosesi wisuda biasanya dilakukan di sebuah gedung atau aula yang dihias dengan indah. Pelajar yang akan diwisuda mengenakan toga dan topi wisuda sebagai simbol kelulusan mereka dari lembaga pendidikan tersebut.

Sejarah Wisuda

Awal mula tradisi wisuda berasal dari Universitas Oxford di Inggris pada abad ke-12. Pada awalnya, wisuda dilakukan sebagai bentuk pengakuan dari universitas kepada para pelajarnya yang telah menyelesaikan pendidikan dengan baik.

Saat ini, tradisi wisuda telah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi sebuah momen penting bagi setiap pelajar yang telah menyelesaikan pendidikan. Tak hanya di perguruan tinggi, wisuda juga dilakukan di sekolah menengah atas, sekolah dasar, dan bahkan taman kanak-kanak.

Makna Wisuda

Wisuda memiliki makna yang sangat penting bagi setiap pelajar yang telah menyelesaikan pendidikan. Selain sebagai penghargaan dari lembaga pendidikan, wisuda juga sebagai momen untuk merayakan kesuksesan dan prestasi dalam menyelesaikan pendidikan.

Wisuda juga merupakan momen yang sangat berkesan bagi keluarga dan teman dari pelajar yang akan diwisuda. Mereka hadir untuk memberikan dukungan dan doa agar pelajar tersebut dapat meraih kesuksesan di masa depan.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Wisuda

  1. Apa itu toga wisuda?

    Toga wisuda adalah pakaian resmi yang dikenakan oleh pelajar saat prosesi wisuda. Toga wisuda terdiri dari jubah hitam yang dilengkapi dengan kerah, lengan panjang, dan topi wisuda.

  2. Bagaimana cara memilih ukuran toga wisuda?

    Untuk memilih ukuran toga wisuda, pelajar dapat mengukur tinggi badan dan berat badan mereka. Setiap lembaga pendidikan biasanya memiliki ukuran toga yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk menanyakan kepada pihak panitia wisuda mengenai ukuran yang sesuai.

  3. Apakah wisuda hanya dilakukan di perguruan tinggi?

    Tidak, wisuda dapat dilakukan di berbagai jenis lembaga pendidikan seperti sekolah menengah atas, sekolah dasar, dan taman kanak-kanak.

  4. Apakah wisuda hanya dilakukan satu kali saja?

    Tergantung pada lembaga pendidikan, wisuda dapat dilakukan satu atau beberapa kali dalam setahun. Biasanya, wisuda dilakukan setelah pelajar menyelesaikan seluruh program atau semester di lembaga pendidikan tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai arti kata wisuda. Dengan mengetahui pengertian, sejarah, dan makna dari kata wisuda, diharapkan dapat menambah wawasan dan apresiasi kita terhadap momen penting ini.


Next Post Previous Post