Arti Kata Merantau


Merantau adalah istilah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, apakah arti kata merantau sebenarnya? Dalam artikel ini, kita akan membahas arti kata merantau secara lengkap beserta asal-usulnya.

Apa itu Merantau?

Merantau adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan meninggalkan kampung halaman dan pergi ke daerah lain untuk mencari penghidupan. Biasanya, merantau dilakukan oleh orang yang masih muda dan belum menikah. Merantau juga bisa dilakukan oleh orang yang sudah menikah dan membawa keluarganya.

Meskipun merantau sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia sejak dulu, kegiatan ini masih tetap dilakukan hingga saat ini. Banyak orang yang merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau Bandung untuk mencari pekerjaan dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Asal-Usul Merantau

Asal-usul merantau sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dahulu, merantau dilakukan oleh para pedagang atau nelayan yang mencari nafkah di tempat lain. Mereka akan berlayar jauh untuk mencari ikan atau menjual barang dagangan mereka.

Selain itu, merantau juga dilakukan oleh para pahlawan yang ingin memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka akan pergi ke daerah-daerah yang belum terjamah oleh Belanda untuk menyebarkan semangat perjuangan.

Manfaat Merantau

Merantau memiliki manfaat yang cukup besar bagi seseorang. Pertama, merantau dapat meningkatkan taraf hidup seseorang. Dengan pergi ke kota-kota besar, seseorang dapat mencari pekerjaan yang lebih baik dan mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Kedua, merantau dapat membuka wawasan seseorang. Dengan pergi ke tempat yang baru, seseorang dapat belajar tentang budaya dan adat istiadat daerah tersebut. Selain itu, seseorang juga dapat bertemu dengan orang-orang baru dan memperluas jaringan pertemanan.

FAQ

1. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum merantau?

Sebelum merantau, seseorang harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Fisik, seseorang harus mempersiapkan barang-barang yang diperlukan seperti pakaian, makanan, dan uang. Mental, seseorang harus siap untuk menghadapi tantangan di tempat baru.

2. Apa saja yang harus diperhatikan saat merantau?

Saat merantau, seseorang harus memperhatikan keamanan dan keselamatan diri. Selain itu, seseorang juga harus memperhatikan kondisi kesehatannya dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat.

3. Apakah merantau hanya dilakukan oleh orang muda?

Tidak. Merantau dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu orang muda maupun yang sudah tua. Namun, biasanya orang yang merantau adalah orang yang masih muda dan belum menikah.

Kesimpulan

Merantau merupakan kegiatan yang sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia sejak dulu. Meskipun sudah banyak perubahan yang terjadi, kegiatan ini masih tetap dilakukan hingga saat ini. Merantau memiliki manfaat yang cukup besar bagi seseorang, seperti meningkatkan taraf hidup dan membuka wawasan. Namun, seseorang juga harus memperhatikan keamanan dan keselamatan diri saat merantau.


Next Post Previous Post