Arti Kata Legenda


Legenda adalah kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apa sebenarnya arti dari kata legenda? Apa hubungannya dengan cerita atau mitos? Penasaran? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Legenda

Legenda berasal dari bahasa Latin “legenda” yang artinya adalah hal-hal yang harus dibaca. Secara umum, legenda adalah cerita atau mitos yang berkaitan dengan tokoh atau tempat tertentu yang dianggap memiliki keistimewaan atau kekuatan magis.

Dalam kajian sastra, legenda sering dianggap sebagai cerita rakyat yang bersifat anonim. Cerita rakyat tersebut berkembang dari lisan ke lisan dan sering kali hanya dipercayai oleh sebagian orang tertentu saja. Namun, legenda juga bisa dihasilkan oleh penulis yang terkenal atau tokoh yang memiliki pengaruh besar di masyarakat.

Ciri-Ciri Legenda

  1. Menceritakan kisah yang terjadi di masa lalu
  2. Berkisah tentang tokoh atau tempat yang dianggap memiliki kekuatan magis
  3. Mengandung unsur fantasi atau mitos
  4. Berisi pesan moral atau nilai-nilai yang ingin disampaikan

Contoh Legenda

Berikut ini beberapa contoh legenda yang terkenal di Indonesia:

1. Legenda Roro Jonggrang

Legenda Roro Jonggrang berasal dari Jawa Tengah. Kisah ini bercerita tentang seorang putri bernama Roro Jonggrang yang menolak lamaran seorang pemuda bernama Bandung Bondowoso. Karena merasa sakit hati, Bandung Bondowoso akhirnya mengutus jin untuk membangun seribu candi dalam semalam. Namun, Roro Jonggrang berhasil mengelabui jin tersebut sehingga Bandung Bondowoso tidak berhasil membangun seribu candi.

2. Legenda Banyuwangi

Legenda Banyuwangi berasal dari Jawa Timur. Kisah ini bercerita tentang seorang raja yang memiliki putri cantik bernama Dewi Kilisuci. Suatu hari, Dewi Kilisuci diculik oleh seorang raksasa bernama Bondowoso. Untuk membebaskan putrinya, sang raja harus memenuhi permintaan Bondowoso yang menyuruhnya membangun sebuah sumur dalam semalam. Namun, sihir Dewi Kilisuci berhasil menghancurkan sumur tersebut sehingga Bondowoso gagal memenuhi janjinya.

FAQ

Apa bedanya legenda dengan mitos?

Mitos dan legenda seringkali dikaitkan satu sama lain. Namun, terdapat perbedaan antara keduanya. Mitos adalah cerita yang berisi tentang kepercayaan atau keyakinan tertentu yang dianggap benar oleh masyarakat. Sedangkan legenda adalah cerita yang berkaitan dengan tokoh atau tempat tertentu yang dianggap memiliki keistimewaan atau kekuatan magis.

Apakah legenda masih relevan di era modern?

Meskipun legenda sering dianggap sebagai cerita lama yang sudah tidak relevan lagi di era modern, namun sebenarnya legenda masih memiliki nilai-nilai yang bisa diambil. Legenda mengandung pesan moral atau nilai-nilai yang ingin disampaikan. Selain itu, legenda juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi para seniman atau penulis untuk menciptakan karya yang menarik.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai arti kata legenda. Legenda adalah cerita atau mitos yang berkaitan dengan tokoh atau tempat tertentu yang dianggap memiliki keistimewaan atau kekuatan magis. Legenda biasanya mengandung pesan moral atau nilai-nilai yang ingin disampaikan dan bisa menjadi sumber inspirasi bagi para seniman atau penulis.


Next Post Previous Post