Arti Kata Dalem Dalam Bahasa Jawa


Dalam bahasa Jawa, terdapat banyak kata-kata yang mempunyai makna dan arti yang berbeda-beda. Salah satu kata yang sering digunakan dalam bahasa Jawa adalah kata “dalem”. Kata ini mempunyai arti yang beragam tergantung dari konteks penggunaannya.

Arti Kata Dalem dalam Bahasa Jawa

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata dalem adalah dalam. Namun, dalam bahasa Jawa, kata dalem mempunyai makna yang lebih kompleks. Kata ini bisa digunakan untuk menggambarkan suatu tempat, suasana, atau perasaan seseorang. Berikut adalah beberapa arti kata dalem dalam bahasa Jawa:

  1. Arti kata dalem sebagai dalam
  2. Arti yang paling umum dari kata dalem adalah dalam. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan kedalaman atau jarak yang terdapat di dalam suatu ruangan atau benda. Contoh penggunaan kata dalem dalam kalimat adalah:

    • Rumahku dalem banget.
    • Aku taruh kunci motor di dalem tas.
  3. Arti kata dalem sebagai batin
  4. Kata dalem juga bisa digunakan untuk menggambarkan perasaan atau keadaan batin seseorang. Kata ini sering digunakan dalam sastra Jawa maupun dalam percakapan sehari-hari. Contoh penggunaan kata dalem dengan arti batin adalah:

    • Ati-ati karo dalemmu.
    • Dalem atiku katon wong liya.
  5. Arti kata dalem sebagai tenang
  6. Arti kata dalem yang lain adalah tenang atau damai. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan suatu suasana yang tenang dan tenteram. Contoh penggunaan kata dalem dengan arti tenang adalah:

    • Wisma kulo dalem banget, ora kedengeran suara apa-apa.
    • Wong Jawa iku dadi dalem, ora gampang ngomong.
  7. Arti kata dalem sebagai dekat
  8. Kata dalem juga bisa digunakan untuk menggambarkan kedekatan atau kedalam hubungan seseorang. Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari atau dalam lagu-lagu Jawa. Contoh penggunaan kata dalem dengan arti dekat adalah:

    • Keluargaku dalem banget, setiap hari kita makan bareng.
    • Dalem atiku katon kabeh janjimu.

FAQ

1. Apa saja arti kata dalem dalam bahasa Jawa?

Arti kata dalem dalam bahasa Jawa bisa berarti dalam, batin, tenang, atau dekat. Makna kata ini tergantung dari konteks penggunaannya.

2. Bagaimana cara menggunakan kata dalem dalam kalimat?

Untuk menggunakan kata dalem dalam kalimat, perlu diperhatikan konteks penggunaannya. Jika kata ini digunakan dengan arti dalam, maka bisa digunakan untuk menggambarkan kedalaman atau jarak yang terdapat di dalam suatu ruangan atau benda. Namun, jika digunakan dengan arti batin, maka kata ini bisa digunakan untuk menggambarkan perasaan atau keadaan batin seseorang.

3. Apakah arti kata dalem dalam bahasa Jawa sama dengan arti dalam dalam bahasa Indonesia?

Tidak selalu. Meskipun arti kata dalem dalam bahasa Jawa bisa berarti dalam, namun terdapat pula makna lain seperti batin, tenang, atau dekat.

Closing Sentences

Jadi, arti kata dalem dalam bahasa Jawa tergantung dari konteks penggunaannya. Meskipun arti yang paling umum adalah dalam, namun ada juga arti lain seperti batin, tenang, atau dekat. Oleh karena itu, perlu memperhatikan konteks dan penggunaannya agar tidak salah dalam memahami makna kata ini.


Next Post Previous Post