Komik Berasal Dari Kata Comic Yang Berarti


Komik adalah sebuah bentuk karya seni yang populer di dunia. Karya seni ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar-gambar yang disusun secara berurutan untuk mengisahkan sebuah cerita. Di Indonesia, komik merupakan salah satu bentuk hiburan yang banyak disukai oleh masyarakat.

Asal-usul kata comic

Kata comic berasal dari bahasa Inggris yang artinya lucu atau menggelikan. Kata ini pertama kali digunakan untuk menyebut gambar-gambar yang menampilkan kehidupan sehari-hari dengan cara yang lucu dan menghibur. Istilah comic strip kemudian muncul untuk menyebut gambar-gambar tersebut yang disusun dalam bentuk strip atau baris.

Di Amerika Serikat pada tahun 1895, istilah comic book mulai digunakan untuk menyebut buku-buku yang berisi kumpulan gambar-gambar strip komik. Pada awalnya, komik hanya ditujukan untuk anak-anak. Namun, seiring perkembangan waktu, komik juga mulai dikemas dalam bentuk yang lebih serius dan ditujukan untuk pembaca dewasa.

Perkembangan komik di Indonesia

Di Indonesia, komik sudah dikenal sejak masa penjajahan Belanda. Pada saat itu, komik dikenal dengan sebutan stripverhaal. Salah satu komik stripverhaal yang terkenal pada masa itu adalah Si Tjonat.

Namun, komik menjadi semakin populer di Indonesia setelah merdeka. Pada tahun 1950-an, majalah-majalah komik mulai bermunculan di Indonesia. Salah satu majalah komik yang terkenal pada masa itu adalah Bobo. Majalah ini diterbitkan oleh Balai Pustaka dan ditujukan untuk anak-anak.

Di tahun 1980-an, komik semakin berkembang di Indonesia. Komik-komik populer seperti Petualangan Sherina dan Si Buta dari Gua Hantu menjadi sangat terkenal pada masa itu. Pada tahun 1990-an, komik-komik Jepang atau yang lebih dikenal sebagai manga juga mulai masuk ke Indonesia dan semakin populer di kalangan remaja.

Manfaat membaca komik

Membaca komik tidak hanya sebagai hiburan semata, namun juga memiliki manfaat bagi pembacanya. Berikut adalah beberapa manfaat membaca komik:

  1. Membaca komik dapat meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi.
  2. Membaca komik dapat meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bahasa.
  3. Komik dapat membantu seseorang yang memiliki masalah dalam membaca buku teks yang panjang.
  4. Komik juga dapat membantu mengembangkan rasa empati dan memahami berbagai sudut pandang.

FAQ

Apa perbedaan antara komik dan manga?

Komik merupakan bentuk karya seni yang berasal dari Barat, sedangkan manga merupakan bentuk karya seni yang berasal dari Jepang. Perbedaan lainnya adalah dari segi bentuk dan gaya gambar, serta tema cerita yang diangkat.

Apakah komik hanya untuk anak-anak?

Tidak. Komik juga dapat ditujukan untuk pembaca dewasa. Bahkan, banyak komik yang memiliki tema dan cerita yang kompleks dan ditujukan khusus untuk pembaca dewasa.

Apakah membaca komik dapat merusak mata?

Tidak selama Anda membaca komik dengan cahaya yang cukup dan dalam jarak yang aman dari mata. Hindari membaca komik dalam kondisi yang kurang cahaya atau dalam jarak yang terlalu dekat dari mata.

Demikianlah artikel mengenai asal-usul kata comic dan perkembangan komik di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai dunia komik.


Next Post Previous Post