Dalam Bahasa Inggris, Berdasarkan Arti Harfiah, Kata Animasi (Animate) Artinya


Kata animasi (animate) pada dasarnya berasal dari bahasa Latin "anima" yang artinya adalah "kehidupan" atau "jiwa". Dalam bahasa Inggris, kata animasi memiliki arti harfiah yaitu memberi kehidupan atau memberi jiwa pada objek atau gambar yang tadinya tidak hidup. Pengertian animasi dalam dunia teknologi dan seni adalah teknik untuk membuat gambar atau objek yang tadinya diam menjadi bergerak.

Sejarah Animasi dalam Dunia Seni

Sejarah animasi dimulai pada tahun 1830-an ketika seorang seniman bernama Japonais Eugene Louis memperkenalkan prinsip gambar bergerak yang dinamakan "Phenakistoscope". Kemudian pada tahun 1892, Emile Reynaud menemukan prinsip animasi modern yaitu "Praxinoscope". Pada tahun 1906, J. Stuart Blackton membuat film animasi pertama yang berjudul "Humorous Phases of Funny Faces" menggunakan teknik stop-motion.

Pada tahun 1928, Walt Disney memperkenalkan karakter kartun yang sangat terkenal yaitu Mickey Mouse. Kemudian pada tahun 1937, Disney Studio membuat film animasi pertama berwarna yaitu "Snow White and the Seven Dwarfs". Sejak saat itu, animasi menjadi semakin populer dan berkembang pesat menjadi salah satu industri seni yang sangat besar.

Jenis-jenis Animasi

1. Animasi 2D

Animasi 2D merupakan animasi yang digambar pada bidang datar menggunakan software animasi atau secara manual pada kertas. Jenis animasi ini adalah yang paling umum dan banyak digunakan dalam pembuatan film animasi, kartun, dan video musik.

2. Animasi 3D

Animasi 3D merupakan animasi yang menggunakan teknologi komputer untuk membuat gambar atau objek yang terlihat seperti nyata. Animasi 3D digunakan pada film animasi, video game, dan produksi televisi yang menuntut efek visual yang realistis.

3. Stop-Motion

Stop-Motion merupakan teknik animasi yang dilakukan dengan cara memotret objek secara berulang-ulang dengan posisi yang berbeda-beda. Setiap pengambilan gambar tersebut kemudian digabungkan menjadi satu film animasi. Teknik ini sering digunakan pada film animasi dengan karakter boneka seperti film animasi "Coraline" atau "Kubo and the Two Strings".

Manfaat Animasi

Animasi memiliki manfaat yang sangat banyak, di antaranya:

  1. Memberikan hiburan dan edukasi
  2. Mempermudah pengajaran dan pembelajaran
  3. Memperjelas konsep dan ide
  4. Menarik perhatian audiens dan memperkuat merek

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan animasi?

Animasi adalah teknik untuk membuat gambar atau objek yang tadinya diam menjadi bergerak.

2. Apa manfaat animasi?

Animasi memiliki manfaat yang sangat banyak, antara lain memberikan hiburan dan edukasi, mempermudah pengajaran dan pembelajaran, memperjelas konsep dan ide, dan menarik perhatian audiens dan memperkuat merek.

3. Apa saja jenis-jenis animasi?

Ada tiga jenis animasi yaitu animasi 2D, animasi 3D, dan stop-motion.

Demikianlah pembahasan mengenai kata animasi dalam bahasa Inggris berdasarkan arti harfiahnya. Animasi merupakan salah satu teknik seni yang sangat dibutuhkan dalam dunia industri kreatif dan hiburan. Dengan animasi, gambar atau objek yang tadinya diam dapat menjadi hidup dan memberikan pesan yang lebih kuat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.


Next Post Previous Post