Arti Kata Terkira: Definisi Dan Contoh Penggunaannya


Apakah Anda pernah mendengar kata "terkira" dan bingung tentang artinya? Kata "terkira" memang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari, tetapi tetap penting untuk memahami maknanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi dan contoh penggunaan kata "terkira".

Definisi Arti Kata Terkira

Kata "terkira" memiliki arti "diperkirakan" atau "ditebak". Dalam bahasa Indonesia, kata ini sering digunakan dalam kalimat yang menunjukkan perkiraan atau estimasi. Misalnya, "Harga smartphone tersebut sekitar terkira 5 juta rupiah." Arti kata terkira seringkali digunakan dalam kalimat yang menunjukkan ketidakpastian atau ketidakjelasan.

Secara gramatikal, kata "terkira" termasuk ke dalam kategori kata sifat atau adjektiva. Kata ini dapat digunakan sebagai kata sifat yang menerangkan kata benda atau sebagai kata keterangan yang menerangkan kata kerja.

Contoh Penggunaan Kata Terkira

1. Dalam Kalimat Perkiraan

Kata "terkira" sering digunakan dalam kalimat yang menunjukkan perkiraan atau estimasi. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata "terkira":

  1. Harga mobil bekas tersebut terkira sekitar 100 juta rupiah.
  2. Jumlah peserta konferensi terkira sebanyak 500 orang.
  3. Lama perjalanan dari Jakarta ke Surabaya terkira sekitar 12 jam.

2. Dalam Kalimat yang Menunjukkan Ketidakpastian

Kata "terkira" juga sering digunakan dalam kalimat yang menunjukkan ketidakpastian atau ketidakjelasan. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata "terkira":

  1. Saat ini jumlah karyawan di perusahaan tersebut terkira sekitar 200 orang.
  2. Jumlah kerusakan yang terjadi pada mesin tersebut terkira sebabnya masih belum diketahui.
  3. Waktu pelaksanaan event tersebut masih terkira karena masih ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

3. Dalam Kalimat yang Menunjukkan Estimasi

Kata "terkira" juga dapat digunakan dalam kalimat yang menunjukkan estimasi. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata "terkira":

  1. Estimasi pengeluaran bulanan saya terkira sekitar 5 juta rupiah.
  2. Estimasi penerimaan dari proyek tersebut terkira sekitar 10 miliar rupiah.
  3. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut terkira sekitar 3 hari.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa perbedaan antara "terkira" dan "diperkirakan"?

Kata "terkira" dan "diperkirakan" memiliki arti yang sama, yaitu "ditebak" atau "diperkirakan". Namun, kata "terkira" lebih jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Bisakah kata "terkira" digunakan dalam kalimat negatif?

Tentu saja. Kata "terkira" dapat digunakan dalam kalimat positif maupun negatif. Misalnya, "Jumlah kerusakan yang terjadi pada mesin tersebut terkira tidak terlalu parah."

Apakah kata "terkira" sama dengan kata "tertib"?

Tidak. Kata "tertib" memiliki arti "disiplin" atau "patuh pada aturan". Sedangkan kata "terkira" memiliki arti "diperkirakan" atau "ditebak". Keduanya adalah kata yang berbeda dan tidak dapat dipertukarkan.

Itulah penjelasan mengenai arti kata terkira beserta contoh penggunaannya. Meskipun jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari, kata "terkira" tetap penting untuk dipahami dan digunakan dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!


Next Post Previous Post