Arti Kata Ripuh: Pengertian Dan Contoh Kalimat


Apakah kamu pernah mendengar kata "ripuh"? Kata ini mungkin tidak terlalu sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, namun masih sering ditemukan dalam beberapa karya sastra atau buku-buku tertentu. Di dalam artikel ini, kita akan membahas arti kata ripuh secara lengkap beserta contoh kalimat penggunaannya.

Pengertian Kata Ripuh

Kata "ripuh" adalah sebuah kata sifat yang memiliki arti kurang kokoh atau rapuh. Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sebuah benda atau struktur yang sudah tua atau rusak dan cenderung mudah runtuh atau pecah.

Misalnya, sebuah bangunan yang sudah berusia puluhan tahun dan tidak pernah dirawat dengan baik akan menjadi ripuh dan mudah roboh ketika terjadi gempa bumi atau cuaca buruk. Begitu juga dengan kayu yang sudah lama terkena air dan terkena serangan rayap, kayu tersebut akan menjadi ripuh dan mudah hancur ketika ditekan atau dipotong.

Contoh Kalimat Penggunaan Kata Ripuh

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata ripuh:

  1. Bangunan tua itu terlihat sangat ripuh dan berbahaya untuk ditinggali.
  2. Kayu yang sudah lama terkena air laut cenderung menjadi ripuh dan mudah patah.
  3. Sekarang sudah waktunya untuk mengganti ban mobil yang sudah ripuh dan tidak aman untuk digunakan.
  4. Saat itu, aku merasa kakiku sangat ripuh dan mudah terpeleset karena jalan yang licin.

FAQ

1. Apa sinonim dari kata ripuh?

Beberapa sinonim dari kata ripuh antara lain: rapuh, mudah pecah, lemah, dan tidak kokoh.

2. Apa lawan kata dari kata ripuh?

Lawan kata dari kata ripuh adalah kata kuat atau kokoh.

3. Bagaimana cara menggunakan kata ripuh dalam kalimat?

Kamu bisa menggunakan kata ripuh untuk menggambarkan sebuah benda atau struktur yang sudah tua atau rusak dan cenderung mudah runtuh atau pecah. Contohnya, "Bangunan tua itu terlihat sangat ripuh dan berbahaya untuk ditinggali."

Itulah pembahasan mengenai arti kata ripuh beserta contoh kalimat penggunaannya. Semoga informasi ini bisa menambah kosa kata kamu dan bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar Bahasa Indonesia.


Next Post Previous Post