Arti Kata Reward: Pengertian, Jenis, Dan Contohnya


Sebagai manusia, kita pasti sering mendengar kata "reward" atau "hadiah". Namun, apakah kita benar-benar memahami arti dari kata tersebut? Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, jenis, dan contoh-contoh dari arti kata reward.

Pengertian Reward

Reward adalah bentuk penghargaan atau hadiah yang diberikan kepada seseorang sebagai bentuk apresiasi atas prestasi atau kerja keras yang telah dilakukan. Bentuk reward dapat berupa uang tunai, bonus, sertifikat, perjalanan, atau hadiah lainnya. Reward umumnya diberikan oleh perusahaan atau organisasi untuk memotivasi karyawan atau anggota yang berprestasi.

Reward dapat memotivasi karyawan atau anggota organisasi untuk bekerja lebih keras dan lebih produktif. Selain itu, reward juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan atau anggota organisasi terhadap perusahaan atau organisasi.

Jenis Reward

1. Reward Finansial

Reward finansial adalah bentuk reward yang berupa uang tunai atau bonus. Reward finansial biasanya diberikan kepada karyawan atau anggota organisasi yang berprestasi dalam mencapai target atau kinerja yang telah ditetapkan. Selain itu, reward finansial juga dapat diberikan sebagai bentuk penghargaan atas inovasi atau ide yang berhasil diimplementasikan dalam perusahaan atau organisasi.

2. Reward Non-Finansial

Reward non-finansial adalah bentuk reward yang tidak berupa uang tunai atau bonus. Bentuk reward non-finansial dapat berupa penghargaan, sertifikat, perjalanan, atau hadiah lainnya. Reward non-finansial umumnya diberikan kepada karyawan atau anggota organisasi yang berprestasi dalam hal kepatuhan terhadap aturan, etika kerja, atau partisipasi dalam proyek atau program tertentu.

Contoh-contoh Reward

1. Bonus Kinerja

Bonus kinerja adalah bentuk reward finansial yang diberikan kepada karyawan yang mencapai atau melebihi target kinerja yang telah ditetapkan. Bonus kinerja dapat berupa uang tunai atau saham perusahaan.

2. Penghargaan Karyawan Terbaik

Penghargaan karyawan terbaik adalah bentuk reward non-finansial yang diberikan kepada karyawan yang berprestasi dalam hal kinerja, kepatuhan terhadap aturan, atau partisipasi dalam proyek atau program tertentu. Penghargaan karyawan terbaik umumnya berupa sertifikat atau trofi.

3. Perjalanan ke Luar Negeri

Perjalanan ke luar negeri adalah bentuk reward non-finansial yang diberikan kepada karyawan atau anggota organisasi sebagai bentuk penghargaan atas prestasi atau kerja keras yang telah dilakukan. Perjalanan ke luar negeri dapat berupa kunjungan bisnis atau liburan.

FAQ

Apa Beda Reward dan Bonus?

Reward adalah bentuk penghargaan atau hadiah yang diberikan kepada seseorang sebagai bentuk apresiasi atas prestasi atau kerja keras yang telah dilakukan. Sedangkan bonus adalah bentuk reward finansial yang diberikan kepada karyawan yang mencapai atau melebihi target kinerja yang telah ditetapkan.

Kenapa Penting Memberikan Reward?

Memberikan reward dapat memotivasi karyawan atau anggota organisasi untuk bekerja lebih keras dan lebih produktif. Selain itu, reward juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan atau anggota organisasi terhadap perusahaan atau organisasi. Reward juga dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan atau anggota organisasi serta meningkatkan citra perusahaan atau organisasi di mata publik.

Bagaimana Cara Memilih Reward yang Tepat?

Cara memilih reward yang tepat adalah dengan menyesuaikan reward dengan jenis prestasi atau kerja keras yang telah dilakukan. Selain itu, reward juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan karyawan atau anggota organisasi. Sebelum memilih reward, perusahaan atau organisasi juga harus mempertimbangkan budget yang tersedia dan kebijakan perusahaan atau organisasi terkait pemberian reward.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai arti kata reward, jenis, dan contohnya. Reward merupakan bentuk penghargaan atau hadiah yang diberikan kepada seseorang sebagai bentuk apresiasi atas prestasi atau kerja keras yang telah dilakukan. Bentuk reward dapat berupa uang tunai, bonus, sertifikat, perjalanan, atau hadiah lainnya. Reward dapat memotivasi karyawan atau anggota organisasi untuk bekerja lebih keras dan lebih produktif. Selain itu, reward juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan atau anggota organisasi terhadap perusahaan atau organisasi.


Next Post Previous Post