Arti Kata Percik Dalam Kamus Bahasa Indonesia


Percik adalah salah satu kata dalam bahasa Indonesia yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata ini memiliki beberapa makna tergantung dari konteks penggunaannya. Berikut adalah arti kata percik dalam kamus bahasa Indonesia.

Arti Kata Percik

  1. Percikan air atau cairan lainnya
  2. Ketika kita mencuci piring atau membersihkan kamar mandi, seringkali terjadi percikan air atau cairan lainnya yang menyebar ke luar dari wadah atau tempat yang kita gunakan. Percikan ini juga dapat terjadi ketika kita memasak di dapur. Dalam konteks ini, arti kata percik adalah percikan air atau cairan lainnya yang menyebar di luar tempat asalnya.

  3. Gerakan tangan atau jari yang cepat
  4. Percik juga dapat diartikan sebagai gerakan tangan atau jari yang cepat. Contohnya adalah ketika kita mengetik di keyboard atau sedang melakukan olahraga tinju. Gerakan tangan atau jari yang cepat ini juga dapat disebut sebagai percikan.

  5. Mendapat sedikit cipratan atau keuntungan
  6. Dalam bahasa gaul, percik juga dapat diartikan sebagai mendapat sedikit cipratan atau keuntungan. Contohnya adalah ketika kita dapat sedikit bagian dari keuntungan bisnis teman atau ketika kita mendapat sedikit uang dari hasil jualan barang bekas.

  7. Mendapat inspirasi atau ide
  8. Arti kata percik juga dapat merujuk pada mendapat inspirasi atau ide untuk membuat sesuatu. Contohnya adalah ketika seorang seniman mendapat ide untuk membuat lukisan dari percikan cat atau ketika seorang penulis mendapat ide untuk menulis cerita dari percikan peristiwa yang terjadi di sekitarnya.

  9. Mendapat kabar atau informasi baru
  10. Percik juga dapat merujuk pada mendapat kabar atau informasi baru dari sumber yang tidak terduga. Contohnya adalah ketika kita bertemu dengan teman lama dan mendapat kabar tentang teman lain yang sudah lama tidak bertemu atau ketika kita membaca berita dari sumber yang tidak biasa.

Penggunaan Kata Percik dalam Kalimat

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata percik dalam kalimat:

Contoh Kalimat 1

Ketika saya sedang mencuci piring, sebagian air sabunnya mengenai baju saya karena terjadi percikan air.

Contoh Kalimat 2

Saat sedang mengetik dengan cepat, jari saya terkadang melakukan percikan tidak sengaja pada tombol yang salah.

Contoh Kalimat 3

Usaha saya mendapat sedikit percikan dari keuntungan bisnis teman saya, tetapi saya tetap senang karena dapat membantu.

Contoh Kalimat 4

Saya mendapat inspirasi untuk membuat lukisan dari percikan cat yang tidak sengaja mengenai kertas.

Contoh Kalimat 5

Ketika saya bertemu dengan teman lama, ia memberitahu saya tentang kabar percikan dari teman lain yang sudah lama tidak bertemu.

FAQ

1. Apa beda antara percikan dan percik?

Percikan dan percik adalah kata yang memiliki arti yang sama. Keduanya merujuk pada air atau cairan lainnya yang menyebar di luar tempat asalnya atau gerakan tangan atau jari yang cepat. Namun, penggunaan percikan lebih umum daripada percik.

2. Apakah percik hanya digunakan dalam bahasa Indonesia?

Tidak. Meskipun percik adalah kata dalam bahasa Indonesia, kata ini juga digunakan dalam bahasa-bahasa lain seperti bahasa Inggris dan bahasa Belanda dengan arti yang sama.

3. Apa saja sinonim dari kata percik?

Beberapa sinonim dari kata percik antara lain cipratan, semburan, celupan, dan sejenisnya.

Demikianlah arti kata percik dalam kamus bahasa Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantu memperluas kosakata dan pengetahuan bahasa Indonesia Anda.


Next Post Previous Post