Arti Kata Candid: Pengertian, Contoh Kalimat, Dan Sinonim


Jika kamu sering menggunakan media sosial, pasti sering mendengar kata "candid". Namun, apakah kamu tahu arti kata candid? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Candid

Candid merupakan kata sifat dalam bahasa Inggris. Menurut Kamus Oxford, candid bermakna jujur dan terus terang dalam berbicara atau bertindak, serta tidak menyembunyikan perasaan atau pikiran.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, candid berarti apa adanya, terus terang, tulus, jujur, dan lugas dalam berbicara atau bertindak. Arti kata candid seringkali dihubungkan dengan kata-kata seperti jujur, terbuka, dan tulus.

Contoh Kalimat dengan Candid

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan menggunakan kata candid:

  1. Saya akan berbicara denganmu secara candid, saya tidak setuju dengan pandanganmu.
  2. Setelah saya bertemu dengan bos baru saya, saya merasa senang karena dia sangat candid dan mudah diajak bicara.
  3. Ketika wawancara kerja, sebaiknya kamu jujur dan candid dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Sinonim Candid

Berikut adalah beberapa sinonim dari kata candid:

  • Terbuka
  • Lugas
  • Tulus
  • Jujur
  • Terus terang

FAQ

1. Apa perbedaan antara candid dan blak-blakan?

Candid dan blak-blakan memiliki arti yang kurang lebih sama, yaitu jujur dan terus terang. Namun, blak-blakan memiliki konotasi yang lebih kuat dalam arti kejujuran dan keberanian untuk mengungkapkan sesuatu tanpa dipikir panjang.

2. Apa keuntungan menjadi orang yang candid?

Keuntungan menjadi orang yang candid adalah kamu akan menjadi pribadi yang tulus, jujur, dan terbuka. Orang-orang akan lebih mudah percaya dan menghargai kamu karena mereka tahu bahwa kamu tidak menyembunyikan perasaan atau pikiranmu.

3. Apakah candid selalu positif?

Tidak selalu. Terkadang, kejujuran yang terlalu terbuka dan tulus bisa menyinggung perasaan orang lain atau menciptakan konflik. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan konteks dan situasi sebelum menjadi terlalu candid.

Demikian penjelasan mengenai arti kata candid, semoga bermanfaat untuk memperkaya kosakata dan pemahaman bahasa Inggris kamu.


Next Post Previous Post