Arti Kata Binasa: Definisi, Pengertian, Dan Contoh Penggunaan


Apakah kamu pernah mendengar kata "binasa"? Bahasa Indonesia memang kaya akan kosakata, dan kata "binasa" adalah salah satunya. Namun, apakah kamu sudah benar-benar mengerti arti kata binasa? Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap definisi, pengertian, dan contoh penggunaan kata binasa.

Definisi dan Pengertian Kata Binasa

Kata binasa berasal dari bahasa Sanskerta "vinasa" yang berarti kehancuran atau kemusnahan. Secara umum, arti kata binasa adalah keadaan yang mengalami kerusakan atau kehancuran. Kata ini sering kali digunakan untuk menggambarkan situasi yang sangat buruk atau bahkan tidak bisa diperbaiki lagi.

Contoh penggunaan kata binasa dalam kalimat:

  1. Sekolah tersebut mengalami kebakaran hebat dan seluruh bangunannya binasa.
  2. Karirnya sebagai pebisnis binasa setelah bisnisnya bangkrut.
  3. Keluarga itu binasa setelah kehilangan anggota keluarga yang sangat dicintai.

Contoh Penggunaan Kata Binasa dalam Kehidupan Sehari-hari

Kata binasa sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menggambarkan situasi yang sangat buruk atau bahkan tidak bisa diperbaiki lagi. Berikut adalah contoh penggunaan kata binasa dalam kehidupan sehari-hari:

1. Kehancuran Alam

Bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, atau badai besar dapat menyebabkan kehancuran yang sangat besar. Bangunan-bangunan dapat roboh, tanah longsor, dan kehilangan nyawa manusia. Situasi ini sering kali digambarkan sebagai kebinasaan.

2. Kehancuran Ekonomi

Ekonomi negara yang sedang lesu dapat menyebabkan banyak bisnis gulung tikar dan orang kehilangan pekerjaan. Situasi ini sering kali digambarkan sebagai kebinasaan ekonomi.

3. Kehancuran Hubungan

Hubungan antara pasangan, keluarga, atau teman dapat berakhir dengan kehancuran. Situasi ini sering kali digambarkan sebagai kebinasaan hubungan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa sinonim dari kata binasa?

Sinonim dari kata binasa antara lain kehancuran, kemusnahan, keruntuhan, dan kejatuhan.

Apa lawan kata dari kata binasa?

Lawan kata dari kata binasa antara lain bangkit, berjaya, dan sukses.

Apakah kata binasa hanya digunakan dalam bahasa Indonesia?

Tidak, kata binasa juga digunakan dalam bahasa-bahasa lain seperti bahasa Inggris (perish), bahasa Spanyol (perdiciĆ³n), dan bahasa Prancis (perdition).

Dalam artikel ini, kita telah membahas secara lengkap definisi, pengertian, dan contoh penggunaan kata binasa. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk memahami arti kata binasa dengan lebih baik.


Next Post Previous Post