Arti Kata Assessment: Memahami Pentingnya Penilaian


Assessment atau penilaian adalah suatu proses yang dilakukan untuk menilai kemampuan, keterampilan, atau pengetahuan seseorang. Saat ini, arti kata assessment menjadi semakin penting karena banyak perusahaan dan lembaga pendidikan yang menggunakan penilaian untuk menentukan kemampuan karyawan atau siswa.

Mengapa Assessment Penting?

Assessment penting karena memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan seseorang. Dalam dunia kerja, assessment digunakan untuk menilai kinerja karyawan dan menentukan apakah mereka memenuhi kriteria yang diinginkan oleh perusahaan.

Di dunia pendidikan, assessment digunakan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Dengan melakukan assessment, guru dapat mengetahui apakah siswa memahami konsep yang diajarkan atau tidak.

Jenis-Jenis Assessment

1. Assessment Formatif

Assessment formatif dilakukan selama proses belajar mengajar berlangsung. Tujuannya adalah untuk memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemampuan mereka sehingga mereka dapat memperbaiki diri dan meningkatkan prestasi akademik mereka.

2. Assessment Sumatif

Assessment sumatif dilakukan pada akhir suatu periode pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan. Hasil assessment sumatif ini digunakan untuk menentukan nilai akhir siswa.

3. Assessment Diagnostik

Assessment diagnostik dilakukan pada awal pembelajaran. Tujuannya adalah untuk menentukan tingkat pemahaman siswa tentang materi yang akan diajarkan. Dengan melakukan assessment diagnostik, guru dapat menyesuaikan metode pengajaran dan materi yang diajarkan agar sesuai dengan kebutuhan siswa.

FAQ

1. Apa saja keuntungan dari melakukan assessment?

Assessment memiliki banyak keuntungan, di antaranya adalah:

  1. Memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan seseorang
  2. Menentukan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan atau institusi pendidikan
  3. Memperbaiki kinerja atau prestasi akademik seseorang

2. Apa saja jenis assessment yang umum dilakukan?

Jenis-jenis assessment yang umum dilakukan adalah assessment formatif, assessment sumatif, dan assessment diagnostik.

3. Apa bedanya assessment formatif dan assessment sumatif?

Assessment formatif dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemampuan mereka. Sedangkan assessment sumatif dilakukan pada akhir suatu periode pembelajaran dan digunakan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan.

Kesimpulan

Assessment atau penilaian memiliki arti yang penting dalam dunia kerja dan pendidikan. Dengan melakukan assessment, kita dapat mengetahui kemampuan seseorang dan menentukan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan atau institusi pendidikan. Jenis-jenis assessment yang umum dilakukan adalah assessment formatif, assessment sumatif, dan assessment diagnostik.


Next Post Previous Post