Kata Kata Bahasa Manado Dan Artinya


Sulawesi Utara memiliki keunikan tersendiri dalam hal bahasa daerahnya. Salah satu bahasa daerah yang terkenal adalah bahasa Manado. Bahasa ini memiliki kosakata yang kaya akan makna dan seringkali unik. Berikut adalah beberapa kata kata bahasa Manado dan artinya:

1. Jangkrik

Bukan hanya sebagai serangga yang sering terdengar di malam hari, kata jangkrik dalam bahasa Manado juga memiliki arti lain. Jangkrik dalam bahasa Manado juga berarti orang yang pemalas atau tidak produktif.

2. Kaki Babi

Secara harfiah, kaki babi adalah kaki dari hewan babi. Namun, dalam bahasa Manado, kaki babi juga memiliki arti yang berbeda. Kaki babi dalam bahasa Manado berarti orang yang mudah tersinggung atau emosional.

3. Kolor

Kolor dalam bahasa Indonesia adalah baju tidur atau piyama. Sedangkan dalam bahasa Manado, kolor memiliki arti yang berbeda. Kolor dalam bahasa Manado berarti baju yang longgar dan santai. Biasanya, baju jenis ini digunakan saat santai di rumah atau saat berkumpul dengan teman-teman.

4. Kepala Pusing

Kepala pusing adalah kondisi ketika kepala terasa sakit atau tidak nyaman. Namun, dalam bahasa Manado, kepala pusing juga memiliki arti yang berbeda. Kepala pusing dalam bahasa Manado berarti orang yang bingung atau tidak tahu harus berbuat apa.

5. Jantung Pisang

Jantung pisang adalah bagian dari buah pisang yang biasanya tidak dimakan. Namun, dalam bahasa Manado, jantung pisang juga memiliki arti yang berbeda. Jantung pisang dalam bahasa Manado berarti orang yang memiliki kepribadian yang lembut dan mudah bergaul dengan orang lain.

6. Nona Manis

Nona Manis adalah julukan untuk wanita yang memiliki penampilan yang menarik dan manis. Julukan ini sering digunakan dalam bahasa Indonesia. Namun, dalam bahasa Manado, Nona Manis juga digunakan untuk menyebut wanita yang sering berubah-ubah pendapatnya.

7. Cucut

Cucut dalam bahasa Manado berarti sedikit atau kurang. Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari di Sulawesi Utara. Contohnya, jika seseorang membeli barang dan mendapatkan sedikit uang kembalian, dia bisa mengatakan "Cucut banget nih kembalian."

8. Tukang Becak

Tukang becak adalah profesi yang sudah jarang ditemukan di Indonesia. Namun, dalam bahasa Manado, tukang becak juga memiliki arti lain. Tukang becak dalam bahasa Manado berarti orang yang suka mencampuri urusan orang lain atau suka ikut campur dalam urusan orang lain.

9. Baku Hantam

Baku hantam adalah istilah yang sering digunakan dalam pertandingan tinju. Namun, dalam bahasa Manado, baku hantam juga digunakan untuk menyebut sebuah pertengkaran atau perdebatan yang sengit antara dua orang atau lebih.

10. Cangkeman

Cangkeman dalam bahasa Manado berarti orang yang pemarah atau mudah marah. Orang yang cangkeman biasanya bersikap agresif dan sulit untuk diatur.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan bahasa Manado?

Bahasa Manado adalah salah satu bahasa daerah yang digunakan di Sulawesi Utara. Bahasa ini memiliki kosakata yang kaya akan makna dan seringkali unik.

Apakah bahasa Manado sulit dipelajari?

Tergantung pada kemampuan dan minat belajar seseorang, bahasa Manado bisa jadi sulit atau mudah dipelajari. Namun, dengan tekun dan konsisten belajar, bahasa Manado bisa dipelajari dengan baik.

Apakah bahasa Manado hanya digunakan di Sulawesi Utara?

Tidak hanya digunakan di Sulawesi Utara, bahasa Manado juga digunakan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Bali, Jakarta, dan Surabaya.

Apakah kosakata dalam bahasa Manado selalu unik?

Tidak selalu unik. Ada juga kosakata dalam bahasa Manado yang sama dengan bahasa daerah lainnya atau bahkan bahasa Indonesia.

Apakah bahasa Manado terancam punah?

Sebagai bahasa daerah, bahasa Manado memang mengalami ancaman punah. Namun, dengan upaya dari para peneliti dan masyarakat yang peduli akan bahasa daerah, bahasa Manado bisa terus dilestarikan dan digunakan.

Demikianlah beberapa kata kata bahasa Manado dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin belajar tentang bahasa daerah Sulawesi Utara.


Next Post Previous Post