Kata Kandaga Dalam Tari Kandagan Memiliki Arti


Tari Kandagan adalah tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan. Tarian ini sangat kental dengan unsur keislaman dan biasanya dipentaskan pada acara-acara adat seperti pernikahan atau upacara keagamaan. Salah satu kata yang sering muncul dalam tarian Kandagan adalah kata "kandaga". Apa arti dari kata tersebut?

Arti Kata Kandaga dalam Tari Kandagan

Kata "kandaga" dalam bahasa Banjar, bahasa asli Kalimantan Selatan, memiliki arti "kereta". Dalam tarian Kandagan, kereta yang dimaksud adalah kereta yang digunakan oleh Sultan Banjar untuk berkendara ke tempat-tempat tertentu. Kereta tersebut biasanya ditarik oleh kuda atau kerbau.

Dalam tarian Kandagan, penari biasanya membawa tongkat yang melambangkan kandaga atau kereta. Tongkat tersebut dihiasi dengan kain dan bunga-bunga yang indah. Gerakan tongkat yang dilakukan oleh penari mirip dengan gerakan yang dilakukan seseorang yang menuntun kereta. Gerakan tersebut melambangkan keanggunan dan keindahan dari tarian Kandagan.

Sejarah Tari Kandagan

Tari Kandagan memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Tarian ini awalnya dipentaskan oleh keluarga kerajaan Banjar sebagai bagian dari acara pernikahan. Namun, seiring berjalannya waktu, tarian ini dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi bagian dari kebudayaan Kalimantan Selatan.

Menurut legenda, tarian Kandagan berasal dari cerita tentang seorang putri cantik yang diculik oleh sekelompok orang jahat. Putri tersebut dibawa ke hutan dan disekap di sana. Namun, seorang pangeran yang sedang berburu melihat putri tersebut dan membantunya melarikan diri. Saat mereka melarikan diri, mereka menggunakan kereta kuda yang disebut Kandaga.

Perkembangan Tari Kandagan

Saat ini, tari Kandagan masih terus dipertahankan dan dikembangkan oleh masyarakat Kalimantan Selatan. Tarian ini sering dipentaskan pada acara-acara adat dan keagamaan. Selain itu, tarian Kandagan juga sering ditampilkan pada acara budaya di berbagai tempat di Indonesia dan mancanegara.

Banyak sekali orang yang tertarik dengan tarian Kandagan karena gerakan yang sangat anggun dan indah. Tarian ini juga memberikan kesan yang sangat kental dengan kebudayaan Kalimantan Selatan. Oleh karena itu, tarian Kandagan diharapkan dapat terus dipertahankan dan dikembangkan agar dapat terus dinikmati oleh generasi yang akan datang.

FAQ

Apa saja unsur keislaman yang terdapat dalam tari Kandagan?

Tari Kandagan memiliki banyak unsur keislaman seperti gerakan-gerakan yang melambangkan sholat dan doa-doa yang dilantunkan saat tarian berlangsung.

Bagaimana cara belajar tari Kandagan?

Untuk belajar tari Kandagan, Anda dapat mencari sanggar tari atau komunitas yang mengajarkan tarian ini. Selain itu, Anda juga dapat mencari video tutorial di internet untuk membantu Anda mempelajari gerakan-gerakan dasar dari tarian ini.

Apakah tari Kandagan hanya diperuntukkan untuk wanita?

Tari Kandagan tidak hanya diperuntukkan untuk wanita, namun juga untuk pria. Biasanya dalam satu kelompok tari Kandagan terdapat beberapa penari wanita dan pria.

Apa saja kostum yang digunakan dalam tari Kandagan?

Kostum yang digunakan dalam tari Kandagan biasanya terdiri dari baju kurung, kain batik, dan selendang yang dihiasi dengan payet dan manik-manik. Selain itu, penari juga biasanya menggunakan hiasan kepala yang terbuat dari bunga atau kain.

Apakah tarian Kandagan hanya dipentaskan pada acara adat atau keagamaan?

Tari Kandagan biasanya dipentaskan pada acara adat atau keagamaan, namun juga sering ditampilkan pada acara-acara budaya seperti festival seni dan pertunjukan tari.

Demikianlah penjelasan mengenai kata kandaga dalam tari Kandagan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kebudayaan Kalimantan Selatan.


Next Post Previous Post