Kata Alquran Berasal Dari Kata Qara’a Yang Berarti …


Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang memiliki banyak sekali makna dan keindahan di dalamnya. Kata “Al-Quran” sendiri berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti “bacaan” atau “yang dibaca”. Namun, tahukah Anda bahwa asal kata Al-Quran sebenarnya berasal dari kata “qara’a”?

Makna Kata Qara’a

Kata “qara’a” merupakan kata kerja dalam bahasa Arab yang memiliki arti “membaca” atau “mengucapkan”. Kata ini biasanya digunakan untuk menyatakan aktivitas membaca atau mengucapkan sesuatu secara lantang, seperti membaca Al-Quran atau membaca sebuah buku. Selain itu, kata qara’a juga bisa digunakan untuk menyatakan aktivitas yang dilakukan dengan teliti dan penuh perhatian, seperti mengamati atau memeriksa sesuatu dengan seksama.

Asal Kata Al-Quran dari Qara’a

Sebagaimana disebutkan di atas, kata “Al-Quran” berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti “bacaan”. Namun, sebenarnya kata Al-Quran sendiri berasal dari kata dasar “qara’a”. Hal ini bisa dilihat dari beberapa ayat dalam Al-Quran yang menggunakan kata “qara’a” untuk menyatakan aktivitas membaca Al-Quran.

  1. “Bacalah (qara’a) apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran), dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (dalam hati) adalah lebih besar (keutamaannya). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut: 45)
  2. “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (i’timad) dan bacalah (qara’a) Al-Quran (dengan seksama).” (QS. Al-Muzzammil: 7)

Keindahan Kata Al-Quran

Al-Quran memiliki banyak sekali keindahan, mulai dari bahasa yang digunakan hingga makna yang terkandung di dalamnya. Salah satu keindahan dari Al-Quran adalah asal-usul kata Al-Quran yang berasal dari kata dasar “qara’a”. Dengan kata lain, Al-Quran sebenarnya adalah kitab suci yang diutus oleh Allah untuk dibaca dan dipelajari dengan seksama.

Pembacaan yang Benar

Sebagai kitab suci, Al-Quran harus dibaca dengan benar dan sesuai dengan tajwid yang telah ditetapkan. Hal ini karena setiap huruf dan kata dalam Al-Quran memiliki makna dan keindahan yang sangat dalam, sehingga salah satu huruf atau tanda baca yang tidak dibaca dengan benar bisa mengubah makna dari sebuah ayat.

Pelajaran yang Berharga

Al-Quran juga merupakan sumber pelajaran yang sangat berharga bagi umat Islam. Di dalamnya terkandung banyak sekali nilai-nilai kebaikan, seperti kejujuran, kesabaran, dan kasih sayang. Selain itu, Al-Quran juga berisi banyak kisah-kisah inspiratif yang bisa dijadikan sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari.

FAQ

1. Apa arti kata Al-Quran?

Kata “Al-Quran” berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti “bacaan” atau “yang dibaca”.

2. Apa asal kata Al-Quran?

Al-Quran berasal dari kata dasar “qara’a”, yang memiliki arti “membaca” atau “mengucapkan”.

3. Mengapa Al-Quran harus dibaca dengan benar?

Al-Quran harus dibaca dengan benar karena setiap huruf dan kata dalam Al-Quran memiliki makna dan keindahan yang sangat dalam, sehingga salah satu huruf atau tanda baca yang tidak dibaca dengan benar bisa mengubah makna dari sebuah ayat.

4. Apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari Al-Quran?

Al-Quran berisi banyak sekali nilai-nilai kebaikan, seperti kejujuran, kesabaran, dan kasih sayang. Selain itu, Al-Quran juga berisi banyak kisah-kisah inspiratif yang bisa dijadikan sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Al-Quran adalah kitab suci yang memiliki banyak sekali keindahan dan makna di dalamnya. Asal kata Al-Quran sendiri berasal dari kata dasar “qara’a”, yang memiliki arti “membaca” atau “mengucapkan”. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus membaca dan mempelajari Al-Quran dengan seksama agar bisa memahami makna dan keindahannya secara menyeluruh.


Next Post Previous Post