Arti Kata Keran: Pengertian, Fungsi, Dan Jenisnya


Keran adalah alat yang berfungsi untuk mengatur aliran air atau cairan lainnya. Keran sering digunakan pada rumah, tempat umum, dan industri. Meski sederhana, keran memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Apa saja arti kata keran secara lengkap? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Keran

Keran adalah alat yang digunakan untuk mengatur aliran cairan seperti air, minyak, atau gas. Keran terdiri dari beberapa komponen seperti gagang, badan, dan kran. Fungsi utama keran adalah untuk mengatur debit aliran cairan sesuai kebutuhan.

Keran memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Jenis keran yang sering digunakan antara lain:

  1. Keran Air
  2. Keran Gas
  3. Keran Minyak
  4. Keran Steam
  5. Keran Vakum
  6. Keran Katup

Fungsi Keran

Keran memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Beberapa fungsi keran antara lain:

1. Mengatur Debit Cairan

Fungsi utama keran adalah untuk mengatur debit aliran cairan sesuai kebutuhan. Dengan mengatur debit aliran cairan, maka penggunaan cairan dapat lebih hemat dan efisien.

2. Mengontrol Tekanan Cairan

Keran dapat mengontrol tekanan cairan yang mengalir melalui pipa. Dengan mengontrol tekanan cairan, maka aliran cairan dapat lebih stabil dan terhindar dari kebocoran atau kerusakan.

3. Mencegah Kebocoran

Keran dapat mencegah kebocoran pada pipa atau saluran cairan. Ketika terjadi kebocoran, maka keran dapat ditutup untuk menghentikan aliran cairan dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

4. Memudahkan Pemeliharaan

Keran dapat memudahkan pemeliharaan pada pipa atau saluran cairan. Ketika perlu dilakukan perbaikan atau pembersihan, maka keran dapat ditutup untuk memutus aliran cairan dan memudahkan proses pemeliharaan.

Jenis Keran

Setiap jenis keran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasan lebih detail mengenai jenis-jenis keran:

1. Keran Air

Keran air adalah jenis keran yang paling umum digunakan di rumah atau tempat umum. Keran air memiliki dua jenis yaitu keran air dingin dan keran air panas. Keran air dingin digunakan untuk mengalirkan air dingin, sedangkan keran air panas digunakan untuk mengalirkan air panas dari boiler atau pemanas air.

2. Keran Gas

Keran gas digunakan untuk mengontrol aliran gas. Keran gas dapat ditemukan pada kompor, tabung gas, dan peralatan lain yang menggunakan gas sebagai bahan bakar. Keran gas harus digunakan dengan hati-hati karena dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan jika tidak digunakan dengan benar.

3. Keran Minyak

Keran minyak digunakan untuk mengontrol aliran minyak. Keran minyak digunakan pada mesin-mesin seperti mobil, kapal, atau pesawat terbang. Keran minyak harus selalu dalam kondisi yang baik untuk menghindari kebocoran yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

4. Keran Steam

Keran steam digunakan untuk mengontrol aliran uap atau steam. Keran steam digunakan pada mesin-mesin seperti generator uap, mesin lokomotif, atau mesin industri lainnya. Keran steam harus selalu dalam kondisi yang baik agar dapat berfungsi dengan optimal dan menghindari kecelakaan kerja.

5. Keran Vakum

Keran vakum digunakan untuk mengontrol aliran udara atau vakum. Keran vakum digunakan pada mesin-mesin seperti mesin vakum, mesin kemasan, atau mesin pengangkut. Keran vakum harus selalu dalam kondisi yang baik agar dapat berfungsi dengan baik dan menghindari kebocoran.

6. Keran Katup

Keran katup adalah jenis keran yang digunakan untuk mengontrol aliran cairan atau gas. Keran katup memiliki desain yang lebih kompleks daripada jenis keran lainnya. Keran katup digunakan pada mesin-mesin industri atau peralatan yang membutuhkan pengontrolan aliran yang tepat.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai arti kata keran, fungsi, dan jenisnya. Keran merupakan alat yang penting untuk mengatur aliran cairan atau gas pada rumah, tempat umum, atau industri. Jenis keran yang berbeda-beda memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, pemilihan jenis keran yang tepat sangat penting untuk menjaga keamanan dan efisiensi penggunaannya.


Next Post Previous Post