Arti Kata Kelestarian: Menjaga Alam Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik


Kata kelestarian mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, apa sebenarnya arti kata kelestarian? Secara sederhana, kelestarian adalah kemampuan suatu hal untuk tetap bertahan dan mempertahankan keberadaannya dengan memperhatikan lingkungan sekitarnya. Dalam konteks lingkungan, kelestarian berarti menjaga alam agar tetap lestari dan berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih baik.

Definisi Kelestarian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kelestarian memiliki arti sebagai berikut:

  1. Kemampuan untuk tetap lestari, keberlangsungan hidup, keberlangsungan kegiatan, atau keberlangsungan suatu sistem.
  2. Kondisi tetap lestari atau keberlangsungan kegiatan, sistem, atau lingkungan.
  3. Kondisi bumi yang tetap lestari dan berkelanjutan.

Definisi-definisi tersebut menggambarkan pentingnya menjaga kelestarian alam untuk keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Alam yang lestari dan berkelanjutan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi kehidupan di bumi.

Upaya Menjaga Kelestarian

Agar alam tetap lestari dan berkelanjutan, diperlukan upaya yang dilakukan oleh individu maupun masyarakat secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian alam:

1. Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Plastik sekali pakai merupakan salah satu jenis sampah yang sulit diurai oleh alam. Plastik yang tidak terurai dapat mencemari lingkungan dan mengancam keberlangsungan hidup makhluk hidup di bumi. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai seperti sedotan, kantong plastik, dan wadah makanan dapat membantu menjaga kelestarian alam.

2. Menggunakan Energi Terbarukan

Penggunaan energi terbarukan seperti energi surya dan energi angin dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim. Selain itu, penggunaan energi terbarukan juga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin langka.

3. Menjaga Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati merupakan kekayaan alam yang harus dijaga dan dilestarikan. Keanekaragaman hayati yang lestari dan berkelanjutan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, menjaga keanekaragaman hayati dengan cara menghentikan penebangan hutan yang tidak bertanggung jawab dan mengurangi penggunaan pestisida dapat membantu menjaga kelestarian alam.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan keberlangsungan sistem?

Keberlangsungan sistem merujuk pada kemampuan suatu sistem untuk tetap berfungsi dan mempertahankan keberadaannya dalam jangka waktu yang lama. Dalam konteks lingkungan, sistem yang dimaksud dapat berupa ekosistem, air, dan udara.

Apa yang dapat dilakukan oleh individu untuk menjaga kelestarian alam?

Individu dapat melakukan hal-hal sederhana seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menggunakan energi terbarukan, dan menjaga keanekaragaman hayati. Selain itu, membudayakan gaya hidup yang ramah lingkungan seperti mengurangi pemborosan dan memilah sampah dapat membantu menjaga kelestarian alam.

Apa manfaat dari menjaga kelestarian alam?

Menjaga kelestarian alam dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kehidupan di bumi. Alam yang lestari dan berkelanjutan dapat memberikan sumber daya alam yang cukup untuk kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, menjaga kelestarian alam juga dapat membantu mencegah kerusakan lingkungan dan bencana alam yang dapat membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kesimpulan

Kelestarian adalah kemampuan suatu hal untuk tetap bertahan dan mempertahankan keberadaannya dengan memperhatikan lingkungan sekitarnya. Dalam konteks lingkungan, kelestarian berarti menjaga alam agar tetap lestari dan berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih baik. Upaya menjaga kelestarian alam dapat dilakukan oleh individu maupun masyarakat secara keseluruhan dengan cara mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menggunakan energi terbarukan, dan menjaga keanekaragaman hayati.


Next Post Previous Post