Komputer Berasal Dari Kata Compute Yang Berarti...


Komputer adalah salah satu teknologi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia di era modern ini. Namun, tahukah Anda dari mana asal mula kata “komputer” itu sendiri? Pada artikel ini, kami akan membahas arti dari kata “komputer” dan sejarah di balik penamaan teknologi ini.

Apa Arti Kata “Komputer”?

Komputer berasal dari kata “compute” yang berasal dari bahasa Latin, yaitu “computare”. Arti dari kata “computare” adalah menghitung atau mengkalkulasi. Dalam bahasa Inggris, kata “compute” diartikan sebagai melakukan perhitungan dengan menggunakan algoritma atau formula tertentu.

Dengan demikian, kata “komputer” memiliki arti yang sama dengan kata “compute”, yaitu alat yang digunakan untuk melakukan perhitungan dengan cepat dan akurat. Komputer modern yang kita kenal sekarang ini memang dirancang untuk melakukan perhitungan yang kompleks dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan jika dilakukan secara manual.

Sejarah Penamaan Komputer

Sejarah penamaan komputer dimulai pada abad ke-17 ketika seorang matematikawan asal Inggris bernama Charles Babbage menciptakan mesin analitik. Mesin ini awalnya dirancang untuk melakukan perhitungan matematika secara otomatis tanpa campur tangan manusia.

Pada saat itu, mesin analitik ini masih berupa ide dan belum bisa direalisasikan. Namun, ide Babbage tersebut telah memicu perkembangan komputasi otomatis dan menginspirasi banyak penemu dan ilmuwan di masa depan.

Setelah berbagai macam penemuan dan inovasi dilakukan, akhirnya pada tahun 1937, John Atanasoff dan Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik pertama. Komputer ini dinamakan Atanasoff-Berry Computer (ABC) dan menjadi tonggak awal perkembangan komputer modern.

Seiring dengan perkembangan teknologi, komputer semakin kecil dan lebih cepat. Komputer modern yang kita kenal sekarang ini bahkan bisa digunakan di dalam genggaman tangan dengan performa yang sangat baik.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kata "komputer" berasal dari bahasa Latin "computare" yang berarti menghitung atau mengkalkulasi. Sejarah penamaan komputer dimulai dari mesin analitik yang diciptakan oleh Charles Babbage pada abad ke-17 dan terus berkembang hingga mencapai bentuk komputer modern seperti yang kita kenal sekarang ini.


Next Post Previous Post