Arti Kata Semikonduktor: Pengertian, Jenis, Dan Fungsinya


Semikonduktor adalah bahan yang memiliki konduktivitas listrik antara konduktor dan isolator. Artinya, semikonduktor dapat menghantarkan listrik, tetapi tidak sebaik konduktor, seperti tembaga atau perak. Namun, semikonduktor lebih baik dalam menghantarkan listrik daripada isolator, seperti kaca atau plastik. Salah satu contoh semikonduktor yang paling terkenal adalah silikon. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti kata semikonduktor secara lebih rinci.

Jenis-jenis Semikonduktor

Secara umum, semikonduktor dapat dibagi menjadi dua jenis: intrinsik dan ekstrinsik.

Semikonduktor Intrinsik

Semikonduktor intrinsik adalah semikonduktor murni yang tidak dicampur dengan bahan lain. Jenis semikonduktor ini memiliki sedikit jumlah elektron bebas dan lubang yang tersedia untuk menghantarkan listrik. Oleh karena itu, semikonduktor intrinsik hanya dapat menghantarkan listrik dalam kondisi tertentu, seperti pada suhu tertentu atau dalam medan listrik yang kuat.

Semikonduktor Ekstrinsik

Semikonduktor ekstrinsik adalah semikonduktor yang dicampur dengan bahan lain, seperti boron atau fosfor. Jenis semikonduktor ini memiliki lebih banyak elektron bebas atau lubang yang tersedia untuk menghantarkan listrik. Oleh karena itu, semikonduktor ekstrinsik dapat menghantarkan listrik dengan lebih baik daripada semikonduktor intrinsik.

Fungsi Semikonduktor

Semikonduktor memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh:

  1. Elektronika: Semikonduktor digunakan dalam pembuatan komponen elektronik, seperti transistor, dioda, dan chip. Transistor, misalnya, digunakan sebagai saklar dalam sirkuit elektronik dan merupakan dasar dari teknologi komputer modern. Dioda, di sisi lain, digunakan untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC.
  2. Solar sel: Semikonduktor juga digunakan dalam pembuatan sel surya atau solar sel. Ketika sinar matahari jatuh pada sel surya, mereka membuat elektron dalam semikonduktor bergerak dan menghasilkan listrik. Ini adalah dasar dari teknologi energi surya.
  3. Pendeteksi cahaya: Semikonduktor juga digunakan dalam pembuatan sensor cahaya. Ketika cahaya jatuh pada sensor cahaya, mereka membuat elektron dalam semikonduktor bergerak dan menghasilkan sinyal listrik. Ini adalah dasar dari teknologi kamera digital dan telepon pintar.

FAQ

Apa perbedaan antara semikonduktor dan konduktor?

Semikonduktor adalah bahan yang memiliki konduktivitas listrik antara konduktor dan isolator, sedangkan konduktor memiliki konduktivitas listrik yang sangat baik dan isolator memiliki konduktivitas listrik yang sangat buruk.

Bagaimana cara semikonduktor menghantarkan listrik?

Semikonduktor menghantarkan listrik melalui elektron bebas dan lubang. Ketika semikonduktor memiliki elektron bebas dan lubang yang cukup banyak, mereka dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Apa yang dimaksud dengan semikonduktor intrinsik?

Semikonduktor intrinsik adalah semikonduktor murni yang tidak dicampur dengan bahan lain.

Apa yang dimaksud dengan semikonduktor ekstrinsik?

Semikonduktor ekstrinsik adalah semikonduktor yang dicampur dengan bahan lain, seperti boron atau fosfor.

Kesimpulan

Semikonduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan listrik, tetapi tidak sebaik konduktor dan lebih baik daripada isolator. Ada dua jenis semikonduktor: intrinsik dan ekstrinsik. Semikonduktor memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pembuatan komponen elektronik, sel surya, dan sensor cahaya.


Next Post Previous Post