Arti Kata "La Ilaha Illallah"


Pernahkah kamu mendengar kalimat "La Ilaha Illallah"? Kalimat ini sering diucapkan oleh umat muslim di seluruh dunia. Namun, apakah kamu tahu arti dari kalimat ini? Dalam artikel ini, kita akan membahas arti dari "La Ilaha Illallah" secara lengkap.

Apa Itu "La Ilaha Illallah"?

"La Ilaha Illallah" merupakan kalimat tauhid yang sangat penting dalam agama Islam. Kalimat ini merupakan syahadat, yaitu pengakuan bahwa hanya Allah yang berhak disembah. Syahadat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim.

Kalimat "La Ilaha Illallah" terdiri dari empat kata, yaitu "La", "Ilaha", "Illallah", dan "Allah". Kata "La" berarti "tidak ada" atau "tiada". Kata "Ilaha" berarti "tuhan". Sedangkan kata "Illallah" berarti "kecuali Allah". Jadi, kalimat "La Ilaha Illallah" secara harfiah berarti "tiada tuhan selain Allah".

Makna dan Pentingnya "La Ilaha Illallah"

Secara makna, kalimat "La Ilaha Illallah" mengandung dua pengertian. Pertama, kalimat ini merupakan pengakuan bahwa hanya Allah yang berhak diibadahi. Tidak ada tuhan selain Allah yang pantas untuk disembah dan dipuja. Kedua, kalimat ini juga mengandung pengertian bahwa Allah adalah satu-satunya yang memiliki kekuasaan dan otoritas mutlak atas segala sesuatu.

Kalimat "La Ilaha Illallah" juga memiliki penting yang sangat besar dalam agama Islam. Pengucapan kalimat ini merupakan syarat sahnya masuk Islam. Selain itu, kalimat ini juga menjadi landasan dan pijakan bagi setiap muslim dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Dalam hukum Islam, pengakuan kepada kalimat ini juga menjadi syarat untuk mendapatkan surga.

FAQ

1. Apa saja syarat sahnya masuk Islam?

Ada empat syarat sahnya masuk Islam, yaitu:

  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat dengan penuh keyakinan.
  2. Melakukan shalat lima waktu.
  3. Membayar zakat.
  4. Melakukan ibadah haji bagi yang mampu.

2. Apa saja rukun Islam?

Ada lima rukun Islam, yaitu:

  1. Syahadat.
  2. Shalat.
  3. Puasa.
  4. Zakat.
  5. Haji.

3. Apa saja keutamaan mengucapkan kalimat "La Ilaha Illallah"?

Ada beberapa keutamaan mengucapkan kalimat "La Ilaha Illallah", yaitu:

  • Mendapatkan ampunan dari Allah.
  • Mendapatkan pahala yang besar.
  • Menjaga diri dari siksa neraka.
  • Mendapatkan perlindungan dari Allah di dunia dan akhirat.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, pengucapan kalimat "La Ilaha Illallah" sangat penting dan memiliki makna yang dalam. Kalimat ini merupakan pengakuan bahwa hanya Allah yang berhak disembah dan dipuja. Selain itu, pengucapan kalimat ini juga menjadi syarat sahnya masuk Islam dan menjadi landasan bagi setiap muslim dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita harus selalu mengucapkan kalimat "La Ilaha Illallah" dengan penuh keyakinan dan kesadaran akan maknanya.


Next Post Previous Post