Surat Al Qadr Dan Artinya Per Kata


Surat Al Qadr adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki makna mendalam bagi umat Muslim. Surat ini terdiri dari lima ayat, dan dikenal sebagai surat yang menceritakan tentang malam Lailatul Qadr yang merupakan malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim.

Pengertian Surat Al Qadr

Surat Al Qadr merupakan surat ke-97 dalam Al-Quran. Surat ini termasuk dalam kelompok surat Makkiyah yang diturunkan di kota Makkah. Surat Al Qadr memiliki arti yang sangat penting bagi umat Muslim karena menceritakan tentang malam Lailatul Qadr.

Arti Surat Al Qadr Per Kata

  1. Bismillahirrahmanirrahim - Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
  2. Inna anzalnahu - Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya.
  3. Fii lailatil qadri - Artinya: pada malam Lailatul Qadr.
  4. Wa maa adraaka - Artinya: Dan tahukah kamu apakah malam Lailatul Qadr itu?
  5. Lailatul qadri khairun min alfi syahrin - Artinya: Malam Lailatul Qadr itu lebih baik dari seribu bulan.

Makna Surat Al Qadr

Surat Al Qadr menceritakan tentang malam Lailatul Qadr yang merupakan malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Malam Lailatul Qadr adalah malam yang penuh dengan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. Pada malam ini, Allah SWT menurunkan berbagai macam kebaikan dan ampunan bagi umat Muslim.

Malam Lailatul Qadr merupakan malam yang sangat istimewa karena pada malam itu, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, pada malam Lailatul Qadr, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti sholat malam, membaca Al-Quran, dan melakukan amal kebaikan lainnya.

FAQ

1. Apa itu Lailatul Qadr?

Lailatul Qadr adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Pada malam ini, Allah SWT menurunkan berbagai macam kebaikan dan ampunan bagi umat Muslim.

2. Apa makna Surat Al Qadr?

Surat Al Qadr menceritakan tentang malam Lailatul Qadr yang merupakan malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Pada malam ini, Allah SWT menurunkan berbagai macam kebaikan dan ampunan bagi umat Muslim.

3. Apa saja ibadah yang dianjurkan pada malam Lailatul Qadr?

Pada malam Lailatul Qadr, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti sholat malam, membaca Al-Quran, dan melakukan amal kebaikan lainnya.

Kesimpulan

Surat Al Qadr adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki arti dan makna yang sangat penting bagi umat Muslim. Surat ini menceritakan tentang malam Lailatul Qadr yang merupakan malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam Lailatul Qadr, seperti sholat malam, membaca Al-Quran, dan melakukan amal kebaikan lainnya.


Next Post Previous Post