Kata Ilustrasi Berasal Dari Bahasa Yunani Yang Berarti...


Jika Anda sering membaca buku atau artikel, pasti sudah tak asing lagi dengan kata "ilustrasi." Kata ini umumnya mengacu pada gambar atau lukisan yang disertakan dalam sebuah karya tulis untuk memperjelas atau mengilustrasikan pesan yang ingin disampaikan. Namun, tahukah Anda bahwa kata "ilustrasi" berasal dari bahasa Yunani?

Asal Usul Kata "Ilustrasi"

Kata "ilustrasi" berasal dari bahasa Yunani, yaitu "illustrare." Kata ini terdiri dari dua kata yaitu "il-" yang berarti "di dalam" dan "lustrare" yang berarti "menyinari" atau "menjelaskan." Secara harfiah, kata "ilustrasi" berarti "penjelasan yang diterangi atau dijelaskan dengan lebih jelas."

Pada awalnya, kata "ilustrasi" digunakan untuk menyebut proses menghias atau mengiluminasi naskah. Pada masa itu, ketika buku masih ditulis dan dihias secara manual, ilustrator sangat dihargai karena mereka mampu memberikan nuansa yang indah dan detail pada sebuah karya tulis.

Arti Kata "Ilustrasi" dalam Karya Tulis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kata "ilustrasi" mengacu pada gambar atau lukisan yang disertakan dalam sebuah karya tulis. Ilustrasi dapat membantu pembaca memahami pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Dengan adanya ilustrasi, pembaca dapat memiliki gambaran yang lebih jelas dan konkret tentang topik yang dibahas.

Ilustrasi juga dapat memperindah tampilan sebuah karya tulis. Gambar atau lukisan yang indah dan menarik dapat membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca dan memahami isi dari karya tulis tersebut.

FAQ

Apa bedanya antara ilustrasi dan gambar?

Ilustrasi dan gambar sebenarnya memiliki arti yang hampir sama, yaitu mengacu pada sebuah gambar atau lukisan. Namun, ilustrasi memiliki makna yang lebih spesifik, yaitu gambar yang disertakan dalam sebuah karya tulis untuk memperjelas atau mengilustrasikan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Apakah ilustrasi hanya digunakan dalam buku atau artikel saja?

Tidak. Ilustrasi juga dapat digunakan dalam berbagai jenis media, seperti poster, brosur, majalah, dan sebagainya. Tujuannya sama, yaitu untuk memperjelas atau mengilustrasikan pesan yang ingin disampaikan pada pembaca atau penonton.

Apakah semua karya tulis harus disertai ilustrasi?

Tidak. Penggunaan ilustrasi pada sebuah karya tulis tergantung pada jenis karya tulis itu sendiri. Ada karya tulis yang lebih mudah dipahami tanpa adanya ilustrasi, namun ada juga karya tulis yang lebih baik disertai ilustrasi untuk memperjelas pesan yang ingin disampaikan.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui asal usul kata "ilustrasi" dan artinya dalam karya tulis. Kata "ilustrasi" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "penjelasan yang diterangi atau dijelaskan dengan lebih jelas." Ilustrasi sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah karya tulis, yaitu untuk memperjelas dan mengilustrasikan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Tanpa ilustrasi, sebuah karya tulis mungkin akan kurang menarik dan sulit dipahami oleh pembaca.


Next Post Previous Post