Istilah Koperasi Berasal Dari Kata Cooperation Yang Artinya


Koperasi menjadi salah satu bentuk organisasi yang dikenal luas di Indonesia. Koperasi sendiri adalah suatu bentuk usaha ekonomi yang didirikan oleh sekelompok orang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bersama. Namun, tahukah Anda dari mana asal mula istilah koperasi? Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang asal mula istilah koperasi dan arti dari kata cooperation.

Asal Mula Istilah Koperasi

Istilah koperasi berasal dari bahasa Inggris yaitu cooperation. Kata cooperation sendiri berasal dari gabungan dua kata yaitu co dan operation. Co memiliki arti bersama-sama, sedangkan operation berarti tindakan atau kegiatan. Jadi, secara harfiah, cooperation dapat diartikan sebagai tindakan bersama-sama.

Kata cooperation pertama kali digunakan pada tahun 1761 oleh seorang petani bernama Robert Owen di Inggris. Robert Owen mendirikan sebuah perusahaan tekstil dan mengajak para pekerjanya untuk bekerja sama dan membagi keuntungan bersama. Konsep kerja sama ini kemudian menjadi terkenal dan diadopsi oleh banyak perusahaan di Inggris dan Eropa pada saat itu. Ide kerja sama ini kemudian menjadi cikal bakal dari koperasi.

Arti dari Kata Cooperation

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cooperation dapat diartikan sebagai tindakan bersama-sama. Arti ini kemudian diadopsi oleh koperasi sebagai prinsip dasar dalam organisasinya. Koperasi memiliki prinsip dasar yaitu keanggotaan terbuka dan sukarela, pengelolaan demokratis, pembagian hasil secara adil, dan pendidikan, pelatihan, dan informasi. Prinsip-prinsip ini bertujuan untuk mengedepankan kerja sama dan kebersamaan dalam setiap kegiatan koperasi.

Kerja sama dan kebersamaan merupakan nilai-nilai yang sangat penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi manusia. Dengan bekerja sama, manusia dapat mencapai tujuan bersama dengan lebih mudah dan efektif. Hal ini juga berlaku dalam koperasi. Dalam koperasi, anggota bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yaitu memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosial sesuai dengan prinsip dan tujuan koperasi.

FAQ

Apa saja jenis-jenis koperasi yang ada di Indonesia?

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis koperasi yang diakui oleh pemerintah. Jenis-jenis koperasi tersebut antara lain koperasi simpan pinjam, koperasi konsumen, koperasi produsen, koperasi serba usaha, dan koperasi jasa. Setiap jenis koperasi memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda-beda.

Bagaimana cara bergabung dengan sebuah koperasi?

Untuk bergabung dengan sebuah koperasi, seseorang harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh koperasi tersebut. Biasanya, syarat-syarat tersebut meliputi usia minimal, memiliki identitas yang sah, dan membayar uang keanggotaan. Setelah memenuhi syarat, seseorang dapat mengajukan permohonan keanggotaan ke pengurus koperasi.

Kesimpulan

Koperasi merupakan bentuk organisasi yang didirikan berdasarkan prinsip kerja sama dan kebersamaan. Istilah koperasi sendiri berasal dari kata cooperation yang artinya tindakan bersama-sama. Sebagai organisasi yang bertujuan memenuhi kebutuhan bersama, koperasi memiliki prinsip dasar yang mengedepankan keanggotaan terbuka dan sukarela, pengelolaan demokratis, pembagian hasil secara adil, dan pendidikan, pelatihan, dan informasi. Dengan mengedepankan prinsip-prinsip ini, koperasi dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk mencapai kemakmuran bersama.


Next Post Previous Post