Arti Kata Selir: Pengertian, Sejarah, Dan Fakta Menarik


Apakah kamu pernah mendengar kata “selir”? Kata ini sering muncul dalam cerita-cerita raja-raja zaman dulu atau dalam drama Korea yang menceritakan tentang kehidupan kerajaan. Namun, apakah kamu tahu apa arti kata selir sebenarnya? Di dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian, sejarah, dan fakta menarik seputar kata selir.

Pengertian Kata Selir

Secara harfiah, selir berasal dari kata “siri” yang artinya deretan atau urutan. Dalam konteks sejarah kerajaan, selir adalah seorang wanita yang dipilih oleh raja atau penguasa sebagai pasangannya di samping istri resmi. Selir memiliki kedudukan yang lebih rendah dibandingkan dengan istri resmi, namun tetap memiliki hak-hak tertentu.

Secara umum, arti kata selir adalah wanita yang menjadi pasangan raja atau penguasa di samping istri resmi.

Sejarah Selir di Indonesia

Di Indonesia, konsep selir sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan di Nusantara. Raja-raja di Indonesia memiliki banyak selir yang dipilih dari kalangan bangsawan atau wanita-wanita cantik dari daerah-daerah yang dikuasai. Selir-selir ini memiliki kedudukan yang lebih rendah dibandingkan dengan istri resmi, namun tetap diberi perlindungan dan hak-hak tertentu.

Pada masa penjajahan Belanda, konsep selir di Indonesia mulai ditinggalkan dan digantikan dengan poligami. Namun, hingga saat ini, masih ada beberapa daerah di Indonesia yang masih mempertahankan tradisi selir.

Fakta Menarik tentang Kata Selir

Selir Bukanlah Pelacur

Banyak orang yang salah kaprah mengartikan selir sebagai pelacur atau wanita penghibur. Padahal, selir memiliki kedudukan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pelacur. Selir dipilih oleh raja atau penguasa sebagai pasangan resmi dan memiliki hak-hak tertentu.

Selir Bukan Berarti Poligami

Selir bukanlah poligami, meskipun seringkali selir dan poligami diartikan sama oleh sebagian orang. Poligami adalah ketika seorang pria memiliki lebih dari satu istri secara sah, sedangkan selir adalah pasangan tidak resmi dari seorang raja atau penguasa.

Selir Memiliki Kedudukan Tertentu

Meskipun kedudukan selir lebih rendah dibandingkan dengan istri resmi, namun selir tetap memiliki hak-hak tertentu. Selir memiliki tempat tinggal yang layak dan mendapatkan pelayanan dari istana. Selir juga memiliki hak atas nafkah dan perlindungan dari raja atau penguasa.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Selir Bisa Menjadi Istri Resmi?

Tidak. Selir tidak bisa menjadi istri resmi karena sudah memiliki status sebagai pasangan tidak resmi dari raja atau penguasa.

2. Apakah Selir Masih Ada di Indonesia?

Beberapa daerah di Indonesia masih mempertahankan tradisi selir, namun hal ini sudah sangat jarang terjadi dan lebih banyak dipertahankan sebagai bagian dari tradisi dan sejarah.

3. Apa Yang Membedakan Selir dengan Pelacur?

Perbedaan utama antara selir dan pelacur adalah status dan kedudukan. Selir memiliki status sebagai pasangan tidak resmi dari raja atau penguasa, sedangkan pelacur adalah pekerja seks yang menjual jasa seksualnya.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu arti kata selir dan sejarahnya di Indonesia. Selir bukanlah poligami dan bukan berarti pelacur. Meskipun kedudukan selir lebih rendah, namun selir tetap memiliki hak-hak tertentu. Sekarang, kamu bisa membedakan antara selir dengan istri resmi atau pelacur.


Next Post Previous Post