Arti Kata Molekul Dalam Kamus Bahasa Indonesia


Molekul adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia sains, terutama dalam kimia. Namun, apakah arti molekul itu sendiri? Bagaimana definisi molekul dalam kamus bahasa Indonesia? Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai arti kata molekul dalam kamus bahasa Indonesia.

Definisi Molekul

Molekul adalah gabungan dari dua atau lebih atom yang saling terikat bersama. Molekul ini biasanya ditemukan dalam bentuk gas, cair, atau padat. Molekul ini juga memiliki sifat kimia khas yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Sebagai contoh, molekul air (H2O) memiliki sifat kimia yang berbeda dengan molekul karbon dioksida (CO2).

Definisi Molekul dalam Kamus Bahasa Indonesia

Dalam kamus bahasa Indonesia, molekul didefinisikan sebagai suatu bagian kecil dari suatu zat yang terdiri dari dua atau lebih atom yang tersusun secara kovalen atau ionik. Molekul ini memiliki sifat kimia yang khas tergantung pada jenis atom yang tersusun di dalamnya.

Contoh Molekul dalam Kehidupan Sehari-hari

Secara umum, molekul ada di mana-mana dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh molekul yang sering ditemukan adalah:

  1. Molekul air (H2O) yang digunakan untuk berbagai keperluan, seperti minum, mandi, mencuci, dan sebagainya.
  2. Molekul oksigen (O2) yang digunakan untuk bernapas dan memberikan energi pada tubuh manusia.
  3. Molekul gula (C6H12O6) yang menjadi sumber energi bagi tubuh manusia.
  4. Molekul DNA (deoxyribonucleic acid) yang merupakan materi genetik pada sel-sel manusia dan hewan.

Manfaat Molekul dalam Kehidupan Manusia

Molekul memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Beberapa manfaat molekul dalam kehidupan manusia adalah:

  1. Molekul air membantu menjaga kesehatan tubuh manusia dan hewan.
  2. Molekul oksigen memberikan energi pada tubuh manusia dan hewan.
  3. Molekul gula menjadi sumber energi bagi tubuh manusia dan hewan.
  4. Molekul DNA membawa informasi genetik dan menentukan karakteristik manusia dan hewan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa perbedaan antara atom dan molekul?

Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang memiliki sifat kimia khas, sedangkan molekul adalah gabungan dari dua atau lebih atom yang saling terikat bersama dan memiliki sifat kimia khas yang berbeda-beda tergantung jenisnya.

Apa contoh molekul dalam kehidupan sehari-hari?

Contoh molekul yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah molekul air, oksigen, gula, dan DNA.

Apa manfaat molekul dalam kehidupan manusia?

Molekul memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, seperti membantu menjaga kesehatan tubuh, memberikan energi, dan menentukan karakteristik manusia dan hewan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, molekul adalah gabungan dari dua atau lebih atom yang saling terikat bersama dan memiliki sifat kimia khas yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Molekul memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, seperti membantu menjaga kesehatan tubuh, memberikan energi, dan menentukan karakteristik manusia dan hewan.


Next Post Previous Post