Arti Kata Eksis: Apa Itu Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?


Jika Anda sering menggunakan media sosial, Anda pasti sering mendengar kata "eksis". Namun, apakah Anda tahu arti kata eksis dan bagaimana cara menggunakannya dengan tepat?

Apa Itu Eksis?

Eksis adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu "exist". Secara harfiah, eksis memiliki arti "ada" atau "ada dalam keberadaan". Namun, dalam penggunaan sehari-hari, eksis sering kali digunakan untuk menyebut seseorang yang selalu tampil di depan publik atau selalu muncul di media sosial.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata eksis adalah "ada dan dikenal luas (dalam dunia hiburan, olahraga, sosial media, dan sebagainya)". Dalam hal ini, eksis menjadi sebuah istilah yang merujuk pada seseorang yang memiliki popularitas dan keberadaannya selalu dikenal publik.

Cara Menggunakan Kata Eksis dengan Tepat

Bagi Anda yang ingin menggunakan kata eksis dalam percakapan sehari-hari, ada beberapa hal yang perlu diingat agar penggunaannya tidak salah.

1. Sesuaikan Konteks

Penggunaan kata eksis harus disesuaikan dengan konteks pembicaraan. Misalnya, jika Anda sedang berbicara tentang dunia hiburan, maka penggunaan kata eksis dapat merujuk pada selebriti atau artis yang popular. Namun, jika Anda sedang berbicara tentang dunia olahraga, penggunaan kata eksis dapat merujuk pada atlet yang selalu menjadi bahan pembicaraan.

2. Jangan Terlalu Sering Menggunakan

Penggunaan kata eksis sebaiknya tidak terlalu sering digunakan agar tidak terkesan berlebihan. Penggunaan yang terlalu sering dapat membuat pembicara terkesan ingin memperlihatkan pengetahuannya tentang dunia hiburan atau olahraga. Sebaiknya gunakan kata eksis dengan bijak dan sesuai konteks.

3. Hindari Penggunaan yang Negatif

Penggunaan kata eksis sebaiknya tidak digunakan dengan maksud negatif atau merendahkan seseorang. Sebaliknya, penggunaan kata eksis sebaiknya digunakan untuk mengakui popularitas atau keberhasilan seseorang dalam bidang tertentu.

FAQ

1. Apa perbedaan antara eksis dan terkenal?

Eksis dan terkenal memiliki arti yang hampir sama yaitu dikenal luas oleh publik. Namun, eksis lebih merujuk pada popularitas seseorang di media sosial atau dunia hiburan, sedangkan terkenal dapat merujuk pada popularitas seseorang di berbagai bidang.

2. Apakah penggunaan kata eksis hanya dalam bahasa Indonesia?

Tidak, penggunaan kata eksis juga digunakan dalam bahasa Inggris dengan ejaan yang sama yaitu "exist". Namun, dalam penggunaan sehari-hari, kata eksis lebih sering digunakan dalam bahasa Indonesia.

Kesimpulan

Arti kata eksis adalah "ada dan dikenal luas (dalam dunia hiburan, olahraga, sosial media, dan sebagainya)". Penggunaan kata eksis sebaiknya disesuaikan dengan konteks pembicaraan, tidak terlalu sering digunakan, dan tidak digunakan dengan maksud negatif atau merendahkan seseorang.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu arti kata eksis dan bagaimana cara menggunakannya dengan tepat. Selamat mencoba!


Next Post Previous Post