Arti Kata Biji: Pengertian, Jenis, Dan Contoh Kalimat


Kata biji sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Namun, apakah kamu tahu arti kata biji secara lengkap?

Pengertian Biji

Biji adalah bagian terpenting dari buah-buahan dan tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat bagi embrio dan cadangan makanan bagi embrio tersebut. Biji juga dapat berupa benih yang dapat ditanam untuk menghasilkan tumbuhan baru.

Biji sendiri memiliki beberapa bagian, yaitu kulit biji, endosperma, dan embrio. Kulit biji adalah lapisan luar biji yang berfungsi untuk melindungi isi dari biji tersebut. Sedangkan endosperma merupakan lapisan yang berfungsi sebagai cadangan makanan bagi embrio. Embrio sendiri merupakan bagian terpenting dari biji yang akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Jenis-Jenis Biji

Biji Monokotil

Biji monokotil adalah biji yang hanya memiliki satu daun lembaga atau kotiledon. Contoh biji monokotil adalah jagung, padi, kelapa, dan lili.

Biji Dikotil

Biji dikotil adalah biji yang memiliki dua daun lembaga atau kotiledon. Contoh biji dikotil adalah kacang-kacangan, jeruk, apel, dan tomat.

Biji Terbuka

Biji terbuka adalah biji yang kulitnya tidak menyatu sehingga mudah dibuka. Contoh biji terbuka adalah kacang tanah, kacang hijau, dan buncis.

Biji Tertutup

Biji tertutup adalah biji yang kulitnya menyatu dan sulit dibuka. Contoh biji tertutup adalah kacang merah, kacang kedelai, dan kacang almond.

Contoh Kalimat dengan Kata Biji

  1. Saya suka makan buah-buahan yang memiliki biji kecil.
  2. Kami menanam biji tomat di kebun belakang rumah.
  3. Biji jagung dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan mie instan.
  4. Biji kopi harus disangrai terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membuat kopi.
  5. Orang tua saya sering mengunyah biji pinang sebagai penghilang stres.

FAQ

Apa fungsi dari biji pada tumbuhan?

Biji pada tumbuhan berfungsi sebagai tempat bagi embrio dan cadangan makanan bagi embrio tersebut. Biji juga dapat ditanam untuk menghasilkan tumbuhan baru.

Apa perbedaan antara biji monokotil dan biji dikotil?

Perbedaan antara biji monokotil dan biji dikotil terdapat pada jumlah daun lembaga atau kotiledon. Biji monokotil hanya memiliki satu daun lembaga atau kotiledon, sedangkan biji dikotil memiliki dua daun lembaga atau kotiledon.

Apa contoh biji terbuka dan biji tertutup?

Biji terbuka contohnya adalah kacang tanah, kacang hijau, dan buncis. Biji tertutup contohnya adalah kacang merah, kacang kedelai, dan kacang almond.

Itulah penjelasan mengenai arti kata biji, jenis-jenis biji, dan contoh kalimat dengan kata biji. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!


Next Post Previous Post