Undangan Itu Bermula Dari Kata Dasar Undang Yang Artinya


Undangan adalah salah satu hal penting dalam kehidupan sosial manusia. Dalam sebuah undangan, kita biasanya diundang untuk menghadiri acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara penting lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa undangan itu bermula dari kata dasar "undang"? Yuk, mari kita bahas lebih lanjut!

Apa Arti dari Kata Dasar Undang?

Kata dasar "undang" berasal dari bahasa Melayu Kuno yang berarti "aturan" atau "peraturan". Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, "undang" diartikan sebagai "aturan tertulis yang mengikat". Dalam konteks undangan, arti undang sama dengan undangan yang merupakan aturan atau peraturan yang ditetapkan oleh tuan rumah untuk para tamu yang diundang.

Sejarah Undangan

Sejarah undangan sendiri sudah ada sejak zaman purba. Dalam suku-suku primitif, undangan biasanya dilakukan melalui simbol-simbol tertentu seperti suara terompet atau bahkan melalui tarian-tarian. Namun, seiring perkembangan zaman, cara mengundang pun semakin modern dan lebih praktis.

Pada zaman dahulu, undangan biasanya dilakukan secara lisan atau melalui surat yang dikirimkan langsung ke alamat tamu. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, cara mengundang pun semakin beragam seperti melalui email, pesan singkat, atau bahkan melalui aplikasi khusus undangan.

Jenis-jenis Undangan

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, undangan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  1. Undangan Resmi
  2. Undangan resmi adalah undangan yang biasanya digunakan untuk acara-acara penting seperti pernikahan, akad nikah, atau acara kenegaraan. Undangan ini biasanya menggunakan bahasa yang formal dan dilengkapi dengan lambang negara atau lambang kehormatan.

  3. Undangan Sosial
  4. Undangan sosial adalah undangan yang biasanya digunakan untuk acara-acara nonformal seperti arisan, makan-makan, atau acara kumpul-kumpul lainnya. Undangan ini biasanya menggunakan bahasa yang lebih santai dan tidak dilengkapi dengan lambang negara atau lambang kehormatan.

  5. Undangan Komersial
  6. Undangan komersial adalah undangan yang biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis seperti peluncuran produk atau acara promosi lainnya. Undangan ini biasanya menggunakan bahasa yang formal dan dilengkapi dengan logo perusahaan atau merek dagang.

Bagaimana Membuat Undangan?

Membuat undangan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat undangan, di antaranya:

  1. Tentukan Tema Acara
  2. Sebelum membuat undangan, tentukan terlebih dahulu tema acara yang akan diadakan. Tema acara bisa membantu dalam menentukan desain dan warna yang akan digunakan pada undangan.

  3. Pilih Desain dan Warna
  4. Setelah menentukan tema acara, pilih desain dan warna yang sesuai dengan tema tersebut. Desain dan warna yang menarik dapat membuat undangan terlihat lebih menarik dan elegan.

  5. Tulis Informasi Acara
  6. Tentukan informasi acara yang akan ditampilkan pada undangan seperti waktu, tempat, dan dress code. Pastikan informasi tersebut ditulis dengan jelas dan mudah dipahami oleh para tamu undangan.

  7. Cetak Undangan
  8. Setelah desain dan informasi sudah ditentukan, undangan bisa dicetak menggunakan kertas yang berkualitas dan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Mengapa Undangan Penting?

Undangan sangat penting dalam kehidupan sosial manusia karena undangan merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan kepada tamu undangan. Dengan mengirimkan undangan, tuan rumah dapat memberikan informasi yang jelas mengenai waktu dan tempat acara sehingga tamu undangan dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan RSVP pada undangan?

RSVP merupakan singkatan dari "Répondez s'il vous plaît" yang berasal dari bahasa Prancis yang artinya "tolong konfirmasi". Biasanya, RSVP ditampilkan pada undangan untuk meminta konfirmasi kehadiran dari tamu undangan.

2. Apakah harus membuat undangan untuk acara nonformal?

Tidak harus, namun membuat undangan untuk acara nonformal bisa membantu dalam mengingatkan tamu undangan dan memberikan informasi yang jelas mengenai acara yang akan diadakan.

3. Apa yang harus dilakukan jika ada tamu yang tidak merespons undangan?

Jika ada tamu yang tidak merespons undangan, sebaiknya hubungi tamu tersebut dan meminta konfirmasi kehadiran. Hal ini penting dilakukan agar tuan rumah dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menyambut tamu undangan.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai undangan yang bermula dari kata dasar "undang". Undangan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan sosial manusia yang dapat memberikan informasi yang jelas mengenai acara yang akan diadakan. Dalam membuat undangan, pastikan informasi yang disampaikan jelas dan mudah dipahami oleh para tamu undangan. Semoga artikel ini bermanfaat!


Next Post Previous Post