Arti Kata Transmisi: Pengertian, Jenis, Fungsi, Dan Contohnya


Transmisi adalah salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi sehingga mobil dapat berjalan dengan lancar. Meskipun begitu, banyak orang yang masih belum paham betul mengenai arti kata transmisi dan apa saja jenis serta fungsi dari transmisi itu sendiri. Berikut ini kami akan membahas secara lengkap mengenai arti kata transmisi.

Apa Itu Transmisi?

Transmisi atau biasa disebut gearbox adalah sistem mekanis yang terdiri dari berbagai komponen seperti poros gigi, kopling, dan sebagainya. Fungsinya adalah untuk mengubah putaran mesin menjadi gerakan roda sehingga mobil dapat berjalan.

Secara umum, transmisi terdiri dari dua jenis yaitu manual dan otomatis. Transmisi manual bekerja dengan cara pengemudi mengatur perpindahan gigi secara manual dengan menggunakan tuas gigi. Sedangkan transmisi otomatis bekerja dengan cara sistem elektronik yang mengatur perpindahan gigi secara otomatis.

Jenis-Jenis Transmisi

1. Transmisi Manual

Transmisi manual adalah jenis transmisi yang pengoperasiannya dilakukan secara manual oleh pengemudi mobil. Cara kerjanya adalah dengan menggerakkan tuas gigi pada posisi tertentu untuk memindahkan gigi dari satu posisi ke posisi yang lain. Transmisi manual biasanya terdiri dari empat hingga enam percepatan. Keuntungan menggunakan transmisi manual adalah lebih hemat bahan bakar dan lebih mudah dalam perbaikan.

2. Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis adalah jenis transmisi yang pengoperasiannya dilakukan secara otomatis oleh sistem elektronik. Cara kerjanya adalah dengan mengatur perpindahan gigi secara otomatis berdasarkan kecepatan mobil. Transmisi otomatis biasanya terdiri dari empat hingga delapan percepatan. Keuntungan menggunakan transmisi otomatis adalah lebih mudah dalam pengoperasian dan nyaman dalam berkendara.

3. Transmisi CVT

Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) adalah jenis transmisi yang menggunakan sabuk dan puli untuk mengatur perpindahan gigi. Keuntungan menggunakan transmisi CVT adalah lebih halus dalam perpindahan gigi dan lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Namun, transmisi CVT juga memiliki kekurangan yaitu kurang responsif dalam akselerasi.

4. Transmisi DCT

Transmisi DCT (Dual Clutch Transmission) adalah jenis transmisi yang menggunakan dua kopling untuk mengatur perpindahan gigi. Keuntungan menggunakan transmisi DCT adalah lebih cepat dalam perpindahan gigi dan lebih responsif dalam akselerasi. Namun, transmisi DCT juga memiliki kekurangan yaitu lebih mahal dalam perawatan dan perbaikan.

Fungsi Transmisi

Fungsi utama dari transmisi adalah untuk mengatur perpindahan gigi agar mobil dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Selain itu, transmisi juga berfungsi untuk:

  1. Meningkatkan torsi dan daya mesin
  2. Mengurangi konsumsi bahan bakar
  3. Meningkatkan performa mobil
  4. Memperpanjang umur mesin mobil

Contoh Transmisi Pada Mobil

Berikut ini adalah beberapa contoh transmisi pada mobil:

  • Transmisi manual 4-speed
  • Transmisi otomatis 6-speed
  • Transmisi CVT
  • Transmisi DCT

FAQ Arti Kata Transmisi

Apa itu arti kata transmisi?

Transmisi adalah sistem mekanis yang terdiri dari berbagai komponen seperti poros gigi, kopling, dan sebagainya. Fungsinya adalah untuk mengubah putaran mesin menjadi gerakan roda sehingga mobil dapat berjalan.

Apa saja jenis-jenis transmisi?

Jenis-jenis transmisi antara lain transmisi manual, transmisi otomatis, transmisi CVT, dan transmisi DCT.

Apa fungsi dari transmisi?

Fungsi utama dari transmisi adalah untuk mengatur perpindahan gigi agar mobil dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Selain itu, transmisi juga berfungsi untuk meningkatkan torsi dan daya mesin, mengurangi konsumsi bahan bakar, meningkatkan performa mobil, dan memperpanjang umur mesin mobil.

Apa saja contoh transmisi pada mobil?

Contoh transmisi pada mobil antara lain transmisi manual 4-speed, transmisi otomatis 6-speed, transmisi CVT, dan transmisi DCT.

Demikianlah pembahasan mengenai arti kata transmisi, jenis, fungsi, dan contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin lebih memahami mengenai transmisi pada mobil.


Next Post Previous Post