Arti Kata Terbentang: Apa Yang Dimaksud Dengan Terbentang?


Anda mungkin sering mendengar kata "terbentang" dalam percakapan sehari-hari atau membacanya dalam tulisan. Namun, apakah Anda tahu persis apa arti kata terbentang? Dalam artikel ini, kami akan membahas arti kata terbentang, contoh penggunaan kata, dan banyak lagi.

Apa Arti Kata Terbentang?

Kata "terbentang" berasal dari kata dasar "bentang" yang bermakna "rentang" atau "jarak antara dua titik". Ketika kata dasar ini diberi awalan "ter-", maka artinya menjadi "menyebar atau meluas dalam jarak yang panjang".

Jadi, arti kata terbentang secara harfiah dapat diartikan sebagai "menyebar atau meluas dalam jarak yang panjang". Kata ini umumnya digunakan untuk menggambarkan objek atau benda yang memanjang atau membentang dalam jarak yang sangat lebar atau panjang.

Contoh Penggunaan Kata Terbentang

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata terbentang dalam kalimat:

  1. Pantai yang terbentang di depan mata membuat saya terkesima.
  2. Kaki jembatan yang terbentang di atas sungai sangat kokoh.
  3. Padang rumput yang terbentang sejauh mata memandang sangat indah.

Dalam contoh-contoh tersebut, kata terbentang digunakan untuk menggambarkan objek atau benda yang memanjang atau membentang dalam jarak yang sangat lebar atau panjang. Kata ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan sebuah konsep atau ide yang meluas dalam jangkauan yang luas.

FAQ

1. Apa perbedaan antara terbentang dan membentang?

Kedua kata tersebut sebenarnya memiliki makna yang sama, namun terbentang lebih sering digunakan dalam kalimat-kalimat formal, sedangkan membentang lebih sering digunakan dalam kalimat-kalimat informal. Selain itu, terbentang juga lebih sering digunakan untuk menggambarkan objek atau benda yang memanjang dalam jarak yang panjang.

2. Apakah terbentang hanya digunakan untuk objek atau benda yang horizontal?

Tidak, terbentang dapat digunakan untuk objek atau benda yang memanjang dalam jarak yang panjang, baik itu horizontal maupun vertikal. Sebagai contoh, kata terbentang dapat digunakan untuk menggambarkan gedung pencakar langit yang menjulang tinggi atau pohon yang menjulang ke atas.

Penutup

Sekarang Anda telah mengetahui arti kata terbentang, contoh penggunaan kata, dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kata tersebut. Jangan ragu untuk menggunakannya dalam percakapan atau tulisan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!


Next Post Previous Post