Semua Hal Tentang Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya.

Affiliate Marketing adalah salah satu cara untuk mencari uang tanpa modal yang menarik perhatian saat ini. Tentunya konsep bisnis ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, bahkan sambil berbaring.

apakah affiliate marketing? bagaimana cara kerjanya


Dengan Internet, Anda dapat memperoleh penghasilan dalam waktu yang relatif singkat dan dengan hasil yang layak. Meski terdengar mudah, nyatanya tidak semua orang bisa mengikuti program Affiliate Marketing ini.

Untuk lebih jelas tentang Affiliate Marketing, Silahkan baca artikel ini sampai akhir.

Apakah Affiliate Marketing itu?

Affiliate marketing adalah salah satu bentuk bisnis yang menawarkan pendapatan berupa komisi dari merek atau produk yang dipromosikan.

Kamu akan mendapatkan komisi apabila berhasil memasarkan barang atau produk tersebut. Sederhananya, program ini mirip seperti komisi atau insentif yang diterima oleh tenaga penjual pada suatu perusahaan.

Untuk menjalankan konsep affiliate marketing, ada pihak-pihak yang harus dilibatkan, antara lain:

  1. Merchant, dikenal sebagai pemilik merek, pembuat produk,retail, atau pihak yang menciptakan produk atau merek. Merchant bisa berupa perorangan atau perusahaan besar. Contohnya Xiaomi dengan produk smartphone-nya. Atau Luna Maya dengan brand fashion Luna Habit.
  2. Affiliate atau dikenal sebagai publisher yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk Anda. Pihak-pihak tersebut juga dapat berupa individu atau perusahaan, influencer, blogger, atau perusahaan pemasaran afiliasi. Bisnis affiliate marketing adalah bisnis yang menjanjikan. Karena penghasilannya dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.
  3. Konsumen atau pembeli atau pelanggan yang membuat sistem pemasaran afiliasi ini bekerja dengan lancar. Karena tanpa penjualan tidak akan ada komisi dan juga pendapatan yang bisa dibagi.

Cara Kerja Affiliata Marketing

Jenis affiliate marketing yang populer yaitu paid promote atau endorse. Cara kerjanya adalah Anda mengulas produk menggunakan berbagai platform yang Anda miliki, seperti Youtube, blog, atau Instagram.

Dasar dari affiliate marketing ini adalah bagi hasil. Seperti dijelaskan di atas, affiliate marketer akan mendapatkan uang dari komisi penjualan.

Artinya, Anda menjual produk merchant melalui promosi multi-channel yang Anda miliki, untuk mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Jika Anda memiliki produk dan ingin meningkatkan penjualan, Anda dapat meminta komisi dari promotor program afiliasi.

Sementara itu, jika Anda tidak memiliki produk, tetapi memiliki kemampuan untuk menjual produk, jadilah promotor pemasaran afiliasi.

Cara kerja affiliate marketing melalui jaringan afiliasi adalah dengan disitus web tersebut. Contoh jaringan afiliasi untuk pasar Indonesia adalah Accesstrade dan Involve Asia. Di sana, Anda dapat mengakses banyak program afiliasi dari banyak merchant.

Anda kemudian akan mendapatkan link referal unik yang dapat dibagikan dengan orang lain. Jadi jika ada konsumen yang membeli dari link yang Anda berikan, merchant bisa mengetahuinya dan memberi Anda komisi. Cukup sederhana, bukan?

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Jika Anda melihat cara kerjanya, bisnis ini tampaknya sangat menguntungkan. Berikut ini adalah keuntungan dari pemasaran afiliasi sebagai berikut:

Sebagai penghasilan pasif

Saat ini untuk mencari uang tambahan Anda tidak harus bekerja sepanjang waktu. Dengan menjalankan bisnis ini sama dengan mendapatkan penghasilan pasif.

Dengan sistemnya yang fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja, di mana saja. Yang penting kamu punya platform, internet dan gadget.

Modal kecil

Menjadi affiliate memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bahkan ada juga yang memulai tanpa modal.

Namun, Hal terpenting dalam bisnis ini adalah kemampuan memasarkan suatu produk.

Tidak terikat pada satu produk

Di zaman kecanggihan teknologi sekarang ini, segalanya menjadi mudah. Bahkan dalam pemasaran produk atau jasa itu bisa dilakukan secara online.

Bisnis affiliate marketing ini juga memberikan kemudahan bagi merchant untuk mempromosikan banyak produk. Sedangkan untuk affiliate itu sendiri, semakin banyak produk yang mereka promosikan, semakin banyak pula komisi yang akan mereka dapatkan.

Waktu yang fleksibel

Siapapun bisa bergabung, bahkan pekerja penuh waktu. Karena kelebihan dari bisnis ini adalah jam kerjanya yang fleksibel.

Bisnis ini dapat dilakukan kapan saja, di mana saja. Jadi Siapa yang tidak tertarik dengan bisnis ini?

Penghasilan besar

Sistem affiliate marketing ini berpotensi menghasilkan pendapatan yang besar. Itu semua tergantung pada keterampilan pemasaran yang Anda miliki.

Semakin banyak penjualan produk yang dipromosikan, maka semakin tinggi pula pendapatan yang bisa diperoleh.

Tidak dipusingkan dengan urusan pengemasan

Sebagai affiliate marketer, Anda tidak perlu khawatir dengan pengemasan dan pengiriman produk ke konsumen.

Semua ini sudah ditangani langsung oleh merchant. Tugas affiliate hanyalah berpromosi untuk mendongkrak tingkat penjualan suatu produk atau layanan.

Kelemahan bisnis afiliasi

Seperti dijelaskan di atas, affiliate menerima komisi jika tingkat penjualan berhasil mencapai target. Untuk itu, salah satu kelemahan bisnis affiliate marketing adalah besarnya komisi yang bergantung pada target penjualan.

Selain itu, karena merupakan pasar yang menjanjikan, persaingan antar pemain affiliate marketing juga sangat ketat. Terlebih lagi, sebuah produk tidak hanya bergantung pada satu pemasar afiliasi.

Artinya, Anda harus siap bersaing dalam mempromosikan dan mendorong penjualan produk yang sama.

Contoh perusahaan yang menggunakan program afiliasi

Saat ini, program afiliasi telah menjadi strategi pemasaran yang digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Mereka semua menggunakan cara bisnis penyebaran kode menarik maupun link referral kepada penggunanya agar bisa berlomba-lomba mengajak orang lain untuk memasang dan menggunakan produknya. Berikut ini adalah contoh affiliate marketing di Indonesia:

  • E-commerce seperti shopee, lazada, Blibli, Tokopedia, dan Bukalapak yang menawarkan komisi hingga 10 persen.
  • Agen perjalanan seperti PegiPegi, Tiket.com, Agoda, dan Booking.com yang menawarkan komisi hingga 25 persen.
  • Aplikasi seperti ShopBack menawarkan uang kembali jika Anda merekomendasikan orang lain untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Tips Menjadi Affiliate Marketer Sukses

Melihat banyaknya kompetitor di bidang ini, Anda harus pintar-pintar mencari peluang. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang affiliate marketer, simak beberapa tips di bawah ini.

Ketahui target pasar Anda

Agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui target audiens Anda.

Jika target Anda adalah remaja, konten yang Anda berikan juga harus dekat dengan dunia mereka.

Selektif didalam memilih produk

Affiliate harus pandai membaca produk yang disukai oleh pasar untuk kesuksesan bisnis affiliate marketing yang Anda jalankan.

Pilih juga produk yang paling Anda sukai. Karena dengan cara tersebut Anda akan mengulasnya dengan style yang lebih personal.

Mencari informasi produk

Sebelum Anda mulai mempromosikan produk di saluran Anda, cari tahu dulu jenis produk yang akan dijual.

Jika Anda mengetahui produknya, akan lebih mudah untuk mereviewnya. Anda juga tahu keunggulan dan kekurangan produk tersebut.

Coba dulu produknya

Agar tidak menyesatkan konsumen, ada baiknya untuk menguji produk yang akan dipromosikan terlebih dahulu. Dengan begitu, dalam memberikan testimoni ditulis berdasarkan pengalaman nyata menggunakan produk tersebut.

Penjelasan yang akurat dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang diiklankan. Dan ini bisa mempengaruhi tingkat penjualan.

Buat situs web atau blog

Untuk menunjukkan keseriusan Anda dalam menjajaki bisnis ini, Anda harus terlebih dahulu membuat website atau blog. Juga, gunakan situs web berbayar.

Promosikan platform Anda dengan konten yang bermanfaat. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen sekaligus untuk membangun kepercayaan mereka terhadap website yang Anda buat.

optimasi SEO

Agar produk yang Anda promosikan menjangkau berbagai kalangan, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengoptimalkan Search Engine Optimize (SEO). Teknik pemasaran digital ini berguna untuk mengoptimalkan halaman web untuk masuk ke peringkat pencarian di Google.

Jika kualitas SEO bagus, maka akan mempengaruhi peringkat blog dan publikasi yang Anda buat. Konten Anda akan muncul di mesin pencari yang terkait dengan target pasar Anda. Terapkan prinsip-prinsip SEO, konten dan optimasi lalu lintas.

Itulah tadi berbagai hal terkait Affiliate Marketing mulai dari pengertian affiliate marketing, pro dan kontra, hingga tips untuk terjun ke bisnis ini.

Yang terpenting dalam affiliate marketing adalah kemampuan persuasif untuk menarik konsumen agar membeli suatu produk karena pada kenyataannya bisnis ini bisa berjalan jika ada penjualan.


Next Post Previous Post