6 Obat Batuk Kering Alami yang Terbukti Efektif

Secara umum obat batuk yang umum digunakan ada dua yaitu obat batuk kering dan obat batuk berdahak. Padahal, dari kedua obat batuk tersebut, hanya obat batuk berdahak yang dijual bebas. Lantas, adakah bahan alami yang ampuh sebagai obat batuk kering?

Yuk simak tulisan tentang bahan alami yang berkhasiat sebagai obat batuk kering ini.

Batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan lendir atau dahak. Mulai dari alergi, flu, merokok, kontaminasi, dan paparan debu hingga gangguan medis tertentu seperti penyakit asam lambung, asma, dan sinusitis dapat menjadi sebab seseorang mengalami batuk kering. Namun, dalam beberapa kasus, penyebab batuk kering pada beberapa orang belum diketahui secara pasti.

obat batuk kering alami yang terbukti efektif


Aneka obat batuk kering alami

Berikut ini adalah 5 bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat batuk kering:

1. Air Putih

Air putih adalah salah satu pengobatan paling sederhana untuk batuk kering. Untuk menjaga kelembapan tenggorokan, tubuh membutuhkan air saat udara kering. Oleh karena itu, mulailah penuhi asupan cairan Anda dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari.

2. Madu

Madu juga dipercaya mampu mengurangi batuk kering dan batuk berdahak. Satu studi menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk daripada obat lain. Untuk mendapatkan manfaat madu, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan madu dengan minuman panas seperti teh atau air lemon. Hindari pemberian madu kepada anak-anak di bawah usia 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.

3. Makanan yang mengandung probiotik

Salah satu penyebab batuk kering bisa disebabkan oleh kurang berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat menurunkan kejadian infeksi saluran pernapasan pada anak. Meskipun, Probiotik tidak bekerja secara langsung untuk meredakan batuk kering, tetapi mikroba probiotik dapat menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh. Anda juga bisa mencoba makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, keju, dan yogurt.

4. Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah cara alami lain untuk meredakan batuk kering. Mungkin terlihat sepele, tetapi cara ini membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan yang menyebabkan batuk kering. Campurkan ¼ sampai ½ sendok teh garam dengan 1 cangkir air hangat. Anak-anak di bawah usia 6 tahun tidak disarankan untuk menggunakan metode ini karena mereka tidak akan dapat berkumur dengan benar.

5. Nanas

Nanas dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan batuk kering. Zat Bromelain yang terkandung didalam nanas dianggap mampu membantu memperlancar saluran pernapasan dan mengurangi batuk kering. Namun, belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini.

6. Jahe

Beberapa hal ini juga dapat menyebabkan batuk kering, seperti peningkatan asam lambung dan sakit tenggorokan akibat flu. Jahe merupakan pilihan yang baik untuk obat batuk kering alami karena dapat mengurangi gejala asam lambung berlebih dan meredakan gejala masuk angin. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai khasiat klinis jahe untuk mengobati batuk kering.

Cara Meringankan gejala batuk kering

Selain menggunakan pengobatan alami, disarankan juga melakukan hal berikut untuk Meringankan gejala batuk kering:

Menggunakan pelembap udara (air humidifier)

Menggunakan Humidifier adalah cara lain untuk mengurangi batuk kering. Menghirup udara yang telah dilembabkan telah terbukti meredakan batuk, gatal di tenggorokan, dan memperlancar saluran udara.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara meringkan gejala batuk kering. Ini karena saat istirahat energi tubuh akan disalurkan ke sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan virus, yang merupakan salah satu penyebab batuk kering. Oleh karena itu, disarankan untuk banyak istirahat saat Anda mengalami batuk kering.

Hindari faktor penyebab batuk kering

Disarankan juga untuk menghindari faktor penyebab batuk kering untuk meringkankan gejalanya. Untuk mencegah batuk kering, Anda harus menghindari apa pun yang menyebabkan alergi atau iritasi, termasuk paparan asap rokok, debu, merokok, makanan yang digoreng, minuman beralkohol dan kafein.

Jika cara-cara di atas tidak meredakan gejala batuk kering, Anda bisa mencoba obat batuk medis yang mengandung antitusif atau penghambat refleks batuk. Obat batuk jenis ini sering digunakan untuk meredakan batuk kering. Namun, jika batuk kering Anda tidak hilang dalam beberapa minggu, segera konsultasikan ke dokter.

Next Post Previous Post