Cara efektif menghilangkan rasa sakit saat menelan

Nyeri saat menelan adalah hal yang umum dialami semua orang, tanpa memandang usia. Ada banyak penyebab rasa sakit saat menelan. Namun, kondisi ini seringkali disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada tenggorokan. Bagaimana cara untuk menghilangkannya secara efektif? ikuti artikel ini.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan nyeri saat menelan adalah influenza, batuk kronis, tonsilitis (radang amandel), tukak atau luka esofagus pada kerongkongan, asam lambung (gastric acid reflux disease) yang naik ke kerongkongan dan infeksi atau radang tenggorokan.

Selain itu, sakit tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit saat menelan juga bisa disebabkan oleh infeksi virus corona atau COVID-19. Penyakit tersebut biasanya juga menimbulkan gejala lain seperti demam, batuk, dan sesak napas.

cara efektif menghilangkan rasa sakit saat menelan


Keluhan nyeri saat menelan seringkali dianggap sama dengan disfagia (sulit menelan), meskipun sebenarnya berbeda. Disfagia tidak selalu disebabkan oleh rasa sakit.

Proses menelan melibatkan berbagai otot dan saraf di dalam tubuh, seperti mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan perut. Nyeri saat menelan dapat terjadi jika ada cedera atau kondisi medis yang mengganggu bagian tubuh tersebut.

Obat Untuk Mengatasi Rasa Sakit Saat Menelan

Obat-obatan untuk mengobati rasa sakit saat menelan tergantung pada penyebabnya. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan penyebabnya. Obat-obatan yang mungkin diberikan saat Anda merasakan sakit saat menelan disesuaikan dengan penyebabnya sebagai berikut:

Anti inflamasi 

Peradangan atau peradangan adalah salah satu penyebab utama rasa sakit saat menelan. Untuk alasan ini, Anda mungkin mendapatkan obat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan amandel, kerongkongan, atau tenggorokan. Obat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet, sirup, atau semprotan.

Obat kumur

Obat kumur bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit dan dapat membunuh bakteri penyebab infeksi tenggorokan.

Antibiotik

Jika penyebab rasa sakit adalah infeksi bakteri pada amandel, kerongkongan, atau tenggorokan, dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik. Namun, jika infeksi disebabkan oleh virus, antibiotik tidak efektif. Jenis antibiotik yang biasa digunakan untuk kondisi ini adalah golongan amoksisilin dan penisilin. Jika Anda alergi terhadap antibiotik ini, dokter akan meresepkan antibiotik jenis lain.

Cara Meredakan Rasa Sakit Saat Menelan

Tidak hanya dapat disebabkan oleh penyakit, Sakit saat menelat juga dapat disebabkan karena terlalu banyak bicara dan berteriak. Jika hal ini dialami, jangan terburu-buru mengonsumsi obat pereda nyeri. Untuk mengurangi rasa sakit saat menelan, Anda dapat melakukan hal berikut:

Banyak minum air putih

Minum air putih dapat melembapkan tenggorokan. Ini tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga mencegah peradangan dan menenangkan tenggorokan yang meradang. Disarankan untuk minum 8 gelas air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Redakan dengan minuman hangat

Minuman hangat seperti teh hangat dengan madu dan lemon, teh bunga chamomile, dan teh herbal dengan bahan alami seperti jahe dan licorice juga dapat membantu meredakan nyeri saat menelan.

Meski Anda sedang sakit, penting untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika Anda sakit tenggorokan, Anda bisa makan makanan panas seperti sup ayam. Makan sup ayam selagi hangat membantu menenangkan tenggorokan, mengencerkan lendir, dan menghilangkan rasa sakit saat menelan.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam membantu membersihkan tenggorokan, mengencerkan dahak, mengurangi pembengkakan, dan mencegah infeksi saluran pernapasan atas.

Campurkan setengah sendok garam dengan segelas air hangat untuk membuat air garam dan berkumurlah dengannya setidaknya setiap 3 jam atau sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menambahkan seperempat sendok teh soda kue ke dalam larutan.

Bilas mulut Anda sambil memiringkan kepala sehingga air garam mencapai bagian belakang tenggorokan Anda.

Gunakan obat gosok

Pakailah obat gosok atau minyak gosok yang terbuat dari tanaman herbal seperti peppermint atau menthol pada hidung dan atau dada. Hirup uapnya untuk membantu menenangkan tenggorokan yang meradang.

Memberi kompres hangat di leher

Kompres tenggorokan Anda menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke air hangat dan diperas. Selain menggunakan kain, menempelkan botol berisi air hangat ke leher juga dianggap memiliki manfaat yang sama. Selain merawat dari dalam, merawat dari luar turut membantu mempercepat penyembuhan rasa sakit saat menelan.

Hindari merokok dan udara yang tercemar

Jika ingin terbebas dari rasa sakit saat menelan, hindari merokok. Tar pada rokok dapat membuat lapisan tenggorokan teriritasi. Selain itu, hindari polusi udara, seperti paparan asap rokok, debu, dan asap dari kendaraan. Anda bisa mencoba menggunakan humidifier untuk menjaga kebersihan dan kelembapan udara.

Bicaralah dengan dokter Anda segera jika Anda merasa sakit saat menelan menjadi lebih buruk, terutama jika Anda mengalami kesulitan makan atau minum. Ingatlah untuk menceritakan semua gejala yang Anda rasakan agar dokter dapat memberikan penanganan yang tepat.

Next Post Previous Post