Cara cek saturasi oksigen di Android Ternyata gampang banget, ini 4 aplikasinya

Ada beberapa aplikasi Android yang dipercaya mampu mengukur saturasi oksigen dalam tubuh selama isolasi mandiri, seperti dilansir laman resmi fossbytes.com.

Pasien Covid-19 disarankan untuk selalu memperhatikan saturasi oksigen. Ini karena salah satu indikator kesehatan seseorang yang memburuk adalah kurangnya kadar oksigen.

Tingkat saturasi oksigen biasanya diukur dengan oksimeter. Namun, ada beberapa jenis aplikasi Android yang belakangan ini diklaim mampu mengukur saturasi oksigen dalam tubuh. 

aplikasi oksimeter di android


Ada beberapa aplikasi yang dipercaya mampu mengukur saturasi oksigen dalam tubuh selama isolasi mandiri, seperti dilansir laman resmi fossbytes.com.

Aplikasi Android untuk Mengukur Saturasi Osigen

1. Aplikasi CarePlix Vitals

Aplikasi CarePlix Vitals merupakan pionir aplikasi rintisan CareNow Healthcare yang dipercaya mampu mengukur unit oksigen seseorang. Pasalnya, saat dilakukan tes antara hasil aplikasi dengan hasil oksimeter yang didapat dari toko obat setempat. Ditemukan bahwa aplikasi menunjukkan hasil yang cukup akurat selama setiap pengujian. Gunakan senter belakang pada ponsel Anda untuk mendeteksi tingkat SpO2.

2. Aplikasi MFine

MFine adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memeriksa kadar oksigen dalam tubuh Anda yang dapat diunduh untuk Android dari Play Store. Aplikasi ini dilengkapi dengan Spo2 checker yang terintegrasi dan masih dalam versi beta dalam artian perusahaan sedang meningkatkan teknologi aplikasi. 

Adapun cara penggunaannya sendiri, aplikasi ini masih menggunakan kamera handphone dan senter. Ketika dilakukan pengujuan berulang kali, hasil aplikasi dan hasil oksimeter dari toko medis lokal, hasilnya keduanya mendekati.

3. Aplikasi Blood Oxygen

Blood Oxygen adalah aplikasi yang berguna untuk memantau kadar oksigen darah dan detak jantung. Untuk pemantauan SpO2, aplikasi mengharuskan pengguna untuk melihat pola pernapasan melalui fungsi start/stop. Tidak ada proses pendaftaran dan pengguna dapat menggunakannya secara langsung. 

Setelah tes napas, ini memberikan rentang yang mungkin tidak jelas bagi pengguna. Aplikasi harus digunakan untuk referensi pribadi saja.

4. Aplikasi Pulse Oximeter Tracker

Seperti aplikasi lainnya, Pulse Oximeter Tracker adalah aplikasi yang memungkinkan Anda melacak unit oksigen darah atau SpO2 seseorang.

Aplikasi ini hanya memungkinkan pengguna untuk melacak data yang direkam secara teratur, bukan kadar oksigen. Untuk hasil yang lebih baik, pengguna harus menambahkan data secara manual ke platform. Data ini dapat dilihat dalam tampilan statistik yang rapi.

Itulah 4 aplikasi android yang menurut informasi dapat digunakan untuk mengecek kadar oksigen didalam tubuh. Namun, untuk hasil yang akurat disarankan untuk tetap menggunakan oximeter.

Next Post Previous Post