5 Cara Ampuh untuk Mencegah WhatsApp disadap

Tindakan pelanggaran atau peretasan melalui aplikasi pesan instan WhatsApp masih sering terjadi dan masih banyak kasus yang menyasar tokoh masyarakat.

Hal yang sama dapat terjadi pada banyak pengguna WhatsApp. Tapi jangan khawatir. Ada lima cara untuk melindungi akun WhatsApp Anda dari peretasan atau penyadapan

5 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Disadap

cara mengamankan whatsapp dari pembajakan


1. Keluar dari WhatsApp Web

Untuk menghindari penyadapan WhatsApp melalui aplikasi yang meniru WhatsApp Web, pengguna dapat melihat perangkat mana saja yang menggunakan akun mereka melalui WhatsApp Web.

  • Klik opsi 3 titik di kanan atas
  • Klik WhatsAppWeb
  • Anda akan melihat daftar perangkat yang masuk dengan akun Anda
  • Pilih untuk keluar dari semua perangkat

2. Aktifkan verifikasi dua faktor

Cara selanjutnya untuk melindungi akun WhatsApp Anda adalah dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor.

Ini adalah opsi untuk mengirim kode 6 digit setiap kali pengguna masuk ke perangkat baru dengan nomor Whatsapp terdaftar.

Kode ini berbeda dengan OTP. Cara ini digunakan agar orang tak bisa masuk begitu saja ke akun Whatsapp pengguna dan membajak lewat kode QR.

  • Klik opsi 3 titik di kanan atas
  • Pengaturan> Akun> Verifikasi dua langkah
  • Klik Aktifkan
  • Masukkan 6 kode rahasia pilihan Anda
  • Masukkan email untuk memulihkan kata sandi Anda jika lupa.

3. Aktifkan pemindai sidik jari

Supaya tidak sembarang orang bisa masuk ke akun WhatsApp anda dan memindai kode QR untuk disalahgunakan, anda bisa mengktifkan fitur pemindai sidik jari, caranya:

  • Klik opsi 3 titik di kanan atas
  • Klik Privasi
  • Klik pada kunci sidik jari
  • Aktifkan
  • Pengguna diminta untuk merekam sidik jari

Whatsapp meminta pengguna untuk memilih waktu aplikasi akan langsung mengunci otomatis, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

4. Instal ulang WhatsApp

Cara selanjutnya untuk melindungi akun WhatsApp Anda dari penyadapan adalah dengan menginstal ulang WhatsApp.

Ini berlaku jika Anda telah mengklik OK ketika Anda diperingatkan untuk memindahkan akun Anda seperti yang dijelaskan di atas.

Namun, perlu diketahui bahwa Anda akan tetap menggunakan nomor yang terdaftar di WhatsApp. Ini karena kode OTP WhatsApp akan dikirimkan ke nomor yang terdaftar.

5. Nonaktifkan akun Anda.

Jika akun WhatsApp Anda telah diretas, nonaktifkan akun Anda untuk memastikan tidak ada orang yang menggunakan akun WhatsApp Anda.

Untuk melakukan ini, kirim email ke Dukungan whatsapp di support@whatsapp.com dengan frasa "Hilang / Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya" di badan email.

Setelah penonaktifan berhasil, Anda memiliki 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun Anda sebelum dihapus permanen.

Ciri-ciri akun Whatsapp yang dibajak

Lantas apa saja ciri-ciri akun WhatsApp yang dibajak?

1. Keluar dari akun WhatsApp dengan sendirinya

WhatsApp tidak dapat digunakan di dua ponsel secara bersamaan. Oleh karena itu, jika nomor yang sama digunakan di perangkat lain, WhatsApp akan mengirimkan kode OTP ke nomor ponsel yang terdaftar.

Jika pengguna tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi WhatsApp sendirian, mungkin nomor tersebut telah diduplikasi oleh orang lain.

Namun, untuk menggandakan nomor tersebut, pelaku harus dapat mengakses dan menggandakan kartu SIM korban.

2. Pesan telah terbaca

Jika Anda menemukan tanda pesan sudah terbaca padahal sekalipun belum Anda buka dan baca, akun WhatsApp Anda mungkin telah dikloning.

Pesan yang telah dibaca memiliki dua tanda centang biru di kanan bawah pesan. Bendera ini dapat dinonaktifkan di bagian pengaturan.

Jika tanda ini tidak aktif, pengguna tidak akan dapat melihat apakah pesan telah terbaca atau belum.

3. Mengirim pesan yang tidak dikirim oleh pengguna

Jika ada pesan dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan kita, kemungkinan akun WhatsApp Anda telah dibajak.

4. Online padahal nonaktif

Jika Anda tidak membuka aplikasi WhatsApp di ponsel atau WhatsApp Web Anda, tetapi akun Anda terdaftar online di aplikasi WhatsApp orang lain, akun WA Anda mungkin telah dibajak.

5. Log perangkat tidak dikenal

Perhatikan perangkat apa saja yang mengakses WhatsApp anda menggunakan WhatsApp Web. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, tutup akses dari perangkat tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.

Android:

  • Pada tab Obrolan, ketuk menu tiga titik di kanan atas.
  • Pilih WhatsApp Web
  • Periksa perangkat yang terhubung. Jika Anda memiliki perangkat yang tidak dikenal, pilih untuk keluar dari perangkat atau keluar dari semua perangkat.

iOS:

  • Pilih Seting atau Pengaturan di kanan bawah
  • Pilih WhatsApp Web / Desktop
  • Periksa perangkat yang terhubung. Jika Anda memiliki perangkat yang tidak dikenal, geser ke kanan dan pilih Keluar, atau pilih Keluar dari semua perangkat.

Itulah cara melindungi atau mengamankan WhatsApp agar tidak disadap dan mengenali ciri-ciri akun WA yang diretas. Dengan demikian, pengguna WhatsApp dapat lebih waspada dan mencegah potensi pencurian data dari perangkat mereka.

Next Post Previous Post